Kursus Kepelatihan AFCPro dari PSSI Resmi Dimulai

Ahmad Mustaqim    •    14 April 2018 18:13 WIB
liga 1 indonesia
Kursus Kepelatihan AFCPro dari PSSI Resmi Dimulai
Peserta kursus kepelatihan AFCPro atau Coaching Diploma Course AFC Pro di Yogyakarta. (Foto: medcom/Mustaqim)

Yogyakarta: PSSI menggelar kursus kepelatihan AFCPro atau Coaching Diploma Course AFC Pro. Event tersebut berlangsung selama enam hari (14-20 April) di Hotel Universitas Negeri Yogyakarta.

Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengatakan kursus kepelatihan bakal menjadi sejarah baru. Sebab, untuk pertama kalinya PSSI menggelar training kepelatihan dengan lisensi A.

"PSSI memang punya harapan untuk menyongsong ketertinggalan di depan mata kita," kata Joko saat membuka kursus di Hotel UNY, Sabtu (14/4/2018).


Klik: Liverpool vs Roma, Nostalgia Final Liga Champions 1984


Ia menjelaskan, posisi sepak bola Indonesia sudah tercecer di peringkat lima Asia Tenggara. Jadi, kursus tersebut bisa menjadi refleksi bahwa kualitas sepak bola Indonesia sudah tertinggal dari negara lain.

"Pelatih yang hebat tak pernah berhenti belatih. Dari 23 peserta yang ikut, kamu yakin mereka pelatih terbaik saat ini," kata dia.

Joko menambahkan, kursus kepelatihan bakal memakan waktu panjang, berkeringat, dan sulit. Oleh karena itu, prosesnya secara keseluruhan bisa memakan waktu hingga April 2019.

"Pelatih dengan status Pro ini akan turun di klub. Kita ibaratkan mereka jadi lokomotif, panutan, trigger dan daya energi bagi seluruh model kepelatihan kita," tutup Joko.


Klik: Mohamed Salah Masih Mencintai AS Roma


Indra Sjafri yang juga salah satu peserta mengaku bersyukur dengan diadakannya kursus tersebut. Ia mengatakan, seluruh peserta akan mendapat tugas mempelajari tujuh modul selama berada di Hotel UNY.

Nantinya, lanjut Indra, peserta akan mengikuti asistensi dengan salah satu klub luar negeri, Real Madrid. Menurut dia, pelatih jebolan kursus tersebut minimal akan menambah daftar pelatih dengan kualitas lebih baik.

"Ini momen terbesar. Singapura dan Thailand sudah banyak pelatih dengan kualitas lebih baik. Kita harus mengejar," kata Indra.

Berikut daftar peserta kursus kepelatihan AFCPro dari PSSI:
Yunan Helmi, Syafrianto Rusli, Yeyen Tumena, Widodo C. Putro, Liestiadi, Seto Nurdiantara, Iwan Setiawan, Indra Sjafri, Nil Maizar, Aji Santoso, Rudy Eka Priyambada, Rahmad Darmawan, Djadjang Nurjaman, Bambang Nurdiansyah, Joko Susilo, Hanafing, Emral Abis, Mundari Karya, Adam Bin Abdulah, Elavaran, Fujiwara, Tony Ho, dan Wolfgang Pikal.


 


(KAU)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

2 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /