Persid Jember Pasang Target Promosi ke Liga 2

Kusbandono    •    07 Maret 2018 23:26 WIB
liga indonesia
Persid Jember Pasang Target Promosi ke Liga 2
Sesi latihan skuat Persid Jember (Foto: medcom.id/kusbandono)

Jember: Persid Jember terus memanaskan mesinnya, menyongsong dimulainya kompetisi Liga 3 pada awal April 2018 mendatang. Dalam latihan kedua yang kembali digelar di Stadion Utama Jember Sport Garden (JSG) Ajung, pelatih kepala Persid yang baru, Steven Keltjes, memberikan menu materi latihan yang mengkombinasikan teknik dasar disertai taktik dan strategi.

"Mengacu pada sepak bola modern kita mesti mengkombinasikan tiga aspek permainan. Yakni konstruktif, pro-aktif dan progresif,” tutur Steven kepada medcom.id usai latihan sore, Rabu 7 Maret 2018.

Lebih lanjut Steven menerapkan filosofi sepak sebagai berikut, sepak bola konstruktif menuntut pemain untuk bisa bermain bola secara terstruktur dari bawah. Sedangkan sepak bola pro-aktif membutuhkan pemain-pemain yang banyak bergerak mobile baik dengan ataupun tanpa bola. Adapun sepak bola progresif selalu tujuannya ke depan, karena tujuan utamanya adalah meraih kemenangan.
 

Baca: Eks Penggawa Timnas Indonesia Ikut Trial di PSM Makassar


“Karena itu, kontrol bola menjadi penting, agar jangan sampai hilang lagi. Makanya main bola jangan dipaksa. Kalau tidak bisa (digiring) ke depan, bisa diarahkan ke pinggir dulu saja,” jelas Steven.

Selama beberapa hari melatih, para penggawa Persid menurut Steven masih harus belajar mengontrol kesabarannya dalam menggiring bola. Selain itu, para pemain juga harus ditingkatkan visi permainannya.

“Anak-anak itu kan punya kecepatan dan kekuatan. Cuma mereka belum punya ketenangan dan visi dalam bermain bola. Mereka maunya main bola cepet, langsung bawa, padahal sepak bola itu yang harusnya cepat kan bolanya, bukan orangnya,” tutur Steven.

Pengaturan irama kesabaran dan visi bermain bola ini menjadi penting, agar pemain Persid bisa memanfaatkan waktu bermain dengan benar-benar efektif.

Sebelum memulai latihan di JSG sejak Senin 6 Maret lalu, para pemain Persid lebih dulu menjalani pemusatan latihan selama empat hari di Kawah Ijen, perbatasan Bondowoso-Banyuwangi. Berlatih di dataran tinggi, diakui Steven merupakan ide dari manajemen.
 

Baca juga: Kantor Baru, Arema FC Gelar Acara Tumpengan


“Tentunya selain refreshing setelah mereka menjalani latihan, itu juga sekaligus melatih daya tahan. Sejauh ini memang belum terlihat dampaknya. Tapi nanti akan terlihat kapan peak performance mereka,” pungkas Steven.

Manajemen baru yang dikomandoi manajer muda Mirza Rahmulyono, Persid kembali memasang target besar dalam kompetisi Liga 3 musim ini.

Mengusung tagline "Persid Reborn", manajemen Persid yakin mampu promosi ke Liga 2 pada musim ini. Bahkan, mereka juga harus bersiap untuk mampu mengarungi kompetisi tanpa suntikan dana dari APBD Jember.

Mendapat beban tersebut, Steven optimistis mampu memenuhinya. “Manajemen saya lihat, tidak main-main. Target promosi ke Liga 2, insyaallah kalau Tuhan mengizinkan,” pungkas Steven penuh keyakinan.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Preview Spurs vs Juve: Situasi Sulit untuk Si Nyonya Tua



(ACF)


Bungkam Malaysia, Vietnam Juara Piala AFF 2018
Leg II FInal PIala AFF 2018

Bungkam Malaysia, Vietnam Juara Piala AFF 2018

26 minutes Ago

Gelar itu diraih usai membungkan Malaysia 1-0 pada leg kedua babak final di My Dinh National St…

BERITA LAINNYA
Video /