KITAS Pemain Asing Bermasalah

PT LIB Mencari Solusi terkait KITAS Pemain

A. Firdaus    •    18 April 2017 15:57 WIB
liga 1 indonesia 2017
PT LIB Mencari Solusi terkait KITAS Pemain
CEO PT. LIB Risha Adi Wijaya (Foto: MTVN/A. Firdaus

Metrotvnews.com, Jakarta: Liga 1 Indonesia 2017 baru sepekan bergulir. Namun permasalahan terus bermunculan seiring waktu berjalan. Yang kini sedang hangat dibicarakan adalah Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Beberapa klub peserta Liga 1 ternyata belum memiliki KITAS untuk pemain asing yang mereka rekrut. Salah satu contohnya adalah Michael Essien dan Carlton Cole yang kini membela Persib Bandung.

Operator Liga 1 PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengakui KITAS memang menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh si pemain, dan tentunya klub. Namun PT LIB menyebut permasalahan yang hangat dibicarakan ini sudah melalui proses.

"Salah satu persyaratan yang disahkan untuk memainkan pemain asing mereka adalah izin KITAS. Tapi ada beberapa dari klub-klub yang memiliki marquee player khususnya, di mana saat ini masih proses untuk mendapatkan KITAS tersebut," ujar CEO PT LIB Risha Adi Wijaya kepada Metrotvnews.com.
 

Baca: Belum Ada KITAS, Pihak Imigrasi Bandung Panggil Essien dan Cole


"Jadi kemarin kami memperbolehkan para pemain asing untuk bermain di Liga 1 dan sampai detik ini pun kami berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mencari jalan keluarnya agar pertandingan terus berjalan dalam arti kepada pemain-pemain tersebut dan juga tidak merugikan klub klub yang menggaji pemain tersebut," terangnya.

Sebelumnya, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengaku kecewa dengan PT LIB yang tetap memberikan izin kepada pemain yang belum mendapatkan KITAS. Menanggapi gertakan tersebut, PT LIB menyadari kalau izin KITAS tak cukup selesai dalam waktu sehari atau dua hari. Namun mereka juga ingin Liga 1 berjalan semarak dengan tampilnya pemain berstatus marquee player pada pekan pembuka.

"PT LIB menyadari berkas-berkas ada yang kurang, tapi kan pembukaan pendaftaran khusus pemain asing dibuka 1 April hingga 30 April. Sebenarnya kami juga menyadari dan mencari jalan keluar untuk kebaikan bersama," lanjutnya.
 

Baca juga: PSSI tak Berniat Melanggar Aturan Negara Soal KITAS Pemain 


"BOPI sebenarnya sudah memberitahukan agar klub tak boleh memainkan dulu pemain tersebut. Di peraturan itu sangat jelas sekali, tapi kita juga melihat bahwa pemain tersebut adalah berstatus marquee player. Dalam artian pemain tersebut memiliki efek cukup luas, baik dari sisi komersial maupun publikasi dan lain-lain," tegas Risha.

"Kami masih proses untuk mencari solusi yang sangat baik itu seperti apa.  Kami melihat dari sisi keolahragaan saja bukan untuk urusan sampai masalah deportasi pemain. Itu bukan ranah kami," tutupnya.

Video: Mitra Kukar Perkenalkan Mohamed Sissoko
 


(ACF)

Allegri Tak Pusingkan Rumor Dybala ke Barcelona
Bursa Transfer Pemain

Allegri Tak Pusingkan Rumor Dybala ke Barcelona

5 hours Ago

Rumor tak sedap mengenai masa depan Paulo Dybala menghampiri Juventus. Penyerang asal Argentina…

BERITA LAINNYA
Video /