Jawaban Ketum PSSI soal Perubahan Regulasi Pemain U-23

Kautsar Halim    •    06 Juli 2017 11:54 WIB
pssitimnas indonesia
Jawaban Ketum PSSI soal Perubahan Regulasi Pemain U-23
Ketum PSSI, Edy Rahmayadi. (Foto: Ant/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Gianyar: Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi merespons kegelisahan klub terkait perubahan peraturan penggunan pemain U-23 di Liga 1 Indonesia 2017. Menurutnya, itu sengaja dilakukan guna kepentingan timnas Indonesia.

"Itu dilakukan dalam rangka menjawab permintaan Luis Milla (pelatih timnas U-22)," kata Edy dalam jumpa pers di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (6/7/2017).

Perubahan regulasi penggunaan pemain U-23 sudah dihentikan PSSI sekitar pekan lalu atau menjelang kick-off putaran kedua Liga 1 Indonesia 2017. Dengan begitu, artinya seluruh klub sudah boleh menggunakan pemain dari golongan usia apapun untuk melakoni tiap pertandingan.

Sebelum dihentikan PSSI, tadinya tiap klub Liga 1 wajib memainkan lima pemain U-23 dalam tiap pertandingan.  Penggunaan regulasi saat itu juga sudah penuh pro-kontra karena menyalahi statuta FIFA dan tidak semua klub memiliki penggawa muda yang mumpuni.

Baca: Ditekuk Persib, PSM Soroti Kinerja Wasit

 
Beberapa klub Liga 1 ada yang kecewa dan menganggap PSSI tidak konsisten mengemban tugasnya ketika regulasi pemain U-23 itu dicabut. Pasalnya bagi mereka, regulasi itu bisa memengaruhi pencapaian klub di pentas Liga 1.

"Alasannya (perubahan regulasi) itu bukan kenapa-kenapa, soalnya penyaringan pemain untuk timnas U-22 juga berasal dari kompetisi Liga 1. Kemudian, para pemain (timnas U-22) juga sudah ditemukan menjelang putaran kedua Liga 1, jadi regulasi kami kembalikan seperti semula," jelas Edy. 

Baca: Tundukkan PSM, Persib Jaga Rekor tak Terkalahkan di Kandang


"Saya ucapkan terimakasih kepada klub-klub yang memfasilitasi ini karena para pemain muda memang perlu lebih banyak jam terbang di Liga 1," tambahnya.

Timnas U-22 punya jadwal ketat sepanjang 2017. Beberapa di antaranya adalah Kualifikasi Piala AFC di Thailand pada 19-23 Juli, dan SEA Games Kuala Lumpur pada 19 - 31 Agustus. 

Video: Transfer Morata Tentukan Nasib Rooney



(ASM)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

17 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /