Jupe tak Semulus Evan Dimas & Ilham Udin Jalani Debut

Rendy Renuki H    •    05 Februari 2018 07:00 WIB
liga indonesia
Jupe tak Semulus Evan Dimas & Ilham Udin Jalani Debut
Achmad Jufriyanto (Medcom.id/Rendy Renuki H)

Selangor: Achmad Jufriyanto harus menahan ambisinya menjalani debut di Liga Super Malaysia bagi tim Kuala Lumpur FA. Tak seperti Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn yang akan langsung bermain untuk Selangor FA, Jupe--sapaannya--belum bisa tampil pada laga kedua tim di KLFA Stadium, Minggu 4 Februari.

Jupe harus menyaksikan rekan setimnya menghadapi Selangor di laga perdana Liga Super Malaysia dari bangku penonton. Eks bek Persib Bandung itu tak bisa bermain lantara KLFA belum mengantongi ITC (International Transfer Certificate).

Berbeda dengan Evan dan Ilham sudah langsung bisa bermain untuk Selangor kontra KLFA. Duet Timnas Indonesia itu diturunkan sejak menit awal pada laga yang berkesudahan 2-0 bagi kemenangan Selangor tersebut.

Baca: Evan & Ilham Debut, Selangor Menangi Derbi Lembah Klang


Penerbitan ITC memang menjadi syarat mutlak bagi pemain yang melakukan transfer antarklub berbeda negara. Seorang pemain belum bisa tampil membela tim barunya jika belum mengantongi ITC, contohnya seperti Neymar Junior saat ditransfer Paris Saint-Germain dari Barcelona.

"Belum bisa main karena ITC-nya (International Transfer Certificate) belum keluar," ucap SecGen Kuala Lumpur FA, Nokman Mustaffa.

"Pertandingan kedua pun belum tahu sudah bisa main apa belum. Tergantung ITC-nya sudah ada belum," sambungnya.

Menurutnya, pihaknya belum mengetahui pasti keberadaan ITC milik Jupe. Apakah sudah dikeluarkan PSSI atau belum, maupun sedang dalam proses menuju ke KLFA.

Sementara, saat dikonfirmasi langsung kepada sang pemain, Jupe mengatakan jika ITC-nya telah diterbitkan PSSI. Namun, masih ada beberapa hal yang belum diselesaikan perihal izin kerja yang membuat ITC-nya belum sampai ke pihak klub.

"Terakhir infonya Rabu (7/2) diusahakan sudah bisa main. Kalau ITC sudah keluar, cuma yang mereka sampaikan kemarin permit kerjanya yang belum selesai, ada satu hal yang belum saya lakukan yaitu medical check-up,  setelah itu selesai baru bisa main, Rabu Insya Allah bisa main away ke Negeri Sembilan," beber Jupe.


 


(REN)


Video /