Soal WO Mitra Kukar, PSSI Siap Evaluasi PT LIB

Patrick Pinaria    •    11 November 2017 23:35 WIB
liga 1 indonesia 2017
Soal WO Mitra Kukar, PSSI Siap Evaluasi PT LIB
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. (Foto: MTVN/Kautsar)

Jakarta: Kontroversial terjadi pada laga Liga 1 Indonesia 2017 antara Mitra Kukar kontra Bhayangkara, 3 November. Pada laga pekan ke-33 itu, Mitra Kukar kedapatan melakukan kecurangan, yakni memainkan Mohamed Sissoko. Pasalnya, gelandang asal Mali itu sedang menjalani sanksi larangan bermain.

Keputusan Mitra Kukar menurunkan Sissoko lantas diprotes Bhayangkara. Kasus itu kemudian dibawa PT LIB kepada Komdis PSSI. Hingga akhirnya, Komdis PSSI menjatuhkan sanksi untuk Mitra Kukar, yakni kalah walk out. Artinya, mereka harus menelan kekalahan 0-3. Padahal, Mitra Kukar bermain imbang 1-1 pada laga tersebut.

Pelatih Mitra Kukar Yudi Suryata sempat melayangkan protes atas sanksi tersebut. Pasalnya, Yudi mengaku tidak ada penyampaian larangan bermain Sissoko dari surat yang PT LIB yang disampaikan pengawas pertandingan ketika melakukan technical meeting.


Klik: Argentina Susah Payah Taklukkan Rusia


PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi lantas mendapat sorotan. Sebab, pihak mereka gagal dinilai lalai karena masalah ini.

Kejadian ini sudah diketahui PSSI. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha pun memastikan akan mengevaluasi permasalahan ini bersama PT LIB.

"Saya sudah panggil pihak LIB dalam rapat exco PSSI. LIB sudah berbesar hati dan siap dievaluasi karena masalah ini. PSSI pun memahami permasalahan ini," ujar Tisha di kantor PSSI, Jakarta, Jumat (10/11/2017).

"Jangan lagi kita mencari siapa yang salah. Kemudian, kita lupa akan solusi, esensi, dan substansinya bahwa ada penggunaan pemain yang tidak sah," tambahnya.

"Nanti seluruh catatan-catatan exco menjadi evaluasi menyeluruh lagi untuk PSSI terhadap PT LIB. Itu pasti," tutur Tisha.


Klik: Bungkam Arema, Borneo Finis di Posisi Delapan


Mitra Kukar kini tertahan di peringkat sepuluh klasemen sementara dengan mengoleksi 43 poin usai dikalahkan Persiba Balikpapan dengan skor 2-3 pada pekan terakhir Liga 1 Indonesia 2017, Jumat 10 November.

Hasil ini membuat Mitra Kukar terancam turun posisi. Pasalnya, mereka hanya terpaut tipis dari tim-tim di bawahnya seperti PS TNI (42 poin), Persib Bandung (41 poin), dan Sriwijaya FC (41 poin). Ketiga tim tersebut baru akan memainkan laga terakhir pada Minggu 12 November.

 


(KAU)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

23 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /