Liga 2 Indonesia 2018

Diwarnai Penalti Gagal El Loco, PSS Puncaki Klasemen

Ahmad Mustaqim    •    04 September 2018 20:40 WIB
bolaliga 2 indonesia
Diwarnai Penalti Gagal El Loco, PSS Puncaki Klasemen
Laga PSS vs Persegres-Medcom.id/Mustaqim

Sleman: PSS Sleman menang meyakinkan atas Persegres Gresik dalam laga lanjutan Liga 2 Indonesia 2018 di Stadion Maguwoharjo Sleman Yogyakarta, Selasa 4 September 2018. Skuat berjuluk Laskar Super Elang Jawa itu menang dengan skor telak 5-1. 

Lima gol PSS dicetak Arisandi (menit 20 dan 52), Cristian El Loco Gonzales (26'), Irkham Zahrul Mila (75') dan Made Wirahadi (90+3). Gol semata wayang Persegres merupakan hasil bunuh diri pemain belakang PSS Rian Miziar. 

Di laga ini, PSS tampil penuh determinasi. Menurunkan pemain senior naturalisasi Christian Gonzales, permainan PSS terlihat hidup. Serangan demi serangan terus digencarkan ke jantung pertahanan Persegres.

Baca juga: Cedera, Tiga Pilar PSIS Semarang Menepi

Laga 20 menit berjalan, PSS membuka keran golnya. Menerima bola Rangga Muslim, Yericho Christiantoko mengirim crossing ke area kotak penalti Persegres. Tanpa bisa diantisipasi barisan belakang Persegres, Arisandi, bek yang muncul cepat langsung mencocor bola. PSS unggul 1-0.

Enam menit berselang, PSS menambah keunggulan. Gol berawal dari crossing Rangga di sisi kanan pertahanan Persegres. Gonzales yang berdiri tanpa kawalan ketat di kotak penalti dengan mudah menyontek bola ke gawang Persegres yang dikawal Steven Lisnusa. Kedudukan dua gol untuk keunggulan PSS. 

Unggul dua gol, PSS tetap tampil menyerang. Sang lawan, Persegres, hanya sesekali membahayakan pertahanan PSS. Hingga babak pertama usai keunggulan 2-0 tetap untuk tuan rumah PSS.

Pada interval kedua, PSS tetap memegang kendali permainan. Tujuh menit selepas jeda, PSS kembali mencetak gol. Berawal dari Gonzales yang lepas dari jebakan offside. Sang pemain dilanggar di kotak penalti. Wasit Sigit Budiyanto memberikan hadiah penalti untuk PSS. 

Gonzales yang menjadi algojo gagal akibat sepakannya diblok kiper. Namun, bola muntah berhasil disepak keras Arisandi. PSS menjauh dengan tiga gol. 

Pada menit 75 dan menit 90+3, PSS mencetak gol lewat Irkham Zahrul Mila dan sundulan pemain pengganti Made Wirahadi. PSS memperbesar keunggulan menjadi 5-0.

Saat laga mau selesai, barisan belakang PSS lengah. Serangan Persegres yang terus gencar membuat pemain belakang PSS, Rian Miziar membuat gol bunuh diri. Hingga laga usai, kedudukan akhir 5-1 untuk kemenangan PSS atas Persegres. 

Baca juga: Cristiano Ronaldo Pesepak Bola dengan Gaji Tertinggi di Serie A

Pelatih Persegres Sanusi Rachman mengaku timnya kalah dari berbagai aspek atas PSS. "PSS hari ini bermain luar biasa," katanya.

Meski demikian, ia menilai para penggawanya telah berusaha mengeluarkan permainan maksimal. "Pemain belakang kami juga sempat ragu-ragu dalam mengantisipasi serangan lawan. Ini PR bagi kami untuk melakukan evaluasi," kata dia. 

Pelatih PSS Seto Nurdiyantoro mengatakan puas dengan hasil yang ditorehkan timnya. Namun, ia kecewa dari aspek permainan. Ia menyebut pemainnya beberapa kali salah passing dan gagal memaksimalkan peluang.

"Saya melihat ini belum permainan PSS. Babak pertama berlangsung cukup susah, tapi babak kedua permainan cukup membaik," katanya.

Dengan hasil ini, PSS menggeser Madura FC dari puncak klasemen sementara Liga 2 wilayah timur dengan koleksi 28 poin. Sebaliknya, Persegres berada di peringkat 11 dari total 12 tim dengan hanya mengemas 10 poin.
Video: Taufik Hidayat: Atlet Jangan Money Oriented



(RIZ)