Laga Amal Donasikan 400 Juta untuk Haringga dan Korban Gempa

Daviq Umar Al Faruq    •    30 September 2018 13:35 WIB
Anarkisme Suporter
Laga Amal Donasikan 400 Juta untuk Haringga dan Korban Gempa
(Foto: Daviq Umar / Medcom.id)

Malang: Arema FC dan Madura United menggelar laga amal di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu 29 September 2018 malam. Dari laga yang dihadiri ribuan Aremania (julukan suporter Arema FC) ini, setidaknya panpel pertandingan mampu mengumpulkan donasi lebih dari Rp 400 juta.

Seperti diketahui, laga ini digelar sebagai aksi simpatik terhadap insiden tewasnya salah satu pendukung Persija Jakarta, Haringga Sirla usai dikeroyok oknum suporter Persib di area parkiran Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu 23 September 2018.

Dari laga ini terkumpul donasi dari hasil penjualan tiket dan donasi dari berbagai pihak sebesar Rp 251.125.000. Uang ratusan juta itu telah diserahkan kepada perwakilan The Jakmania (julukan suporter Persija) untuk diberikan kepada keluarga Haringga. 

Sementara itu, sekitar Rp 200 juta sisanya akan didonasikan untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

CEO Arema FC, Iwan Budianto mengatakan rencana sebelumnya, hasil pendapatan dari laga ini sebenarnya hanya akan diserahkan kepada Haringga. Namun, karena terdapat bencana di Sulawesi Tengah, donasi pun kemudian dibagi menjadi dua.

"Sisa pendapatan laga yang diberikan untuk Haringga akan diberikan ke korban gempa. Prediksi kami bisa sampai Rp 400 juta uang yang terkumpul," katanya.

Kepala Staf Ketua Umum PSSI ini mengatakan antusiasme penonton dalam laga ini begitu tinggi. Bahkan antusiasme penonton di laga amal ini mengalahkan jumlah penonton dalam laga kompetisi resmi biasanya.

Sementara itu, dari laga amal tersebut, Arema berbagi poin dengan Madura United setelah bermain imbang 1-1 hingga laga usai. Arema unggul lebih dulu di menit ke-50 lewat gol Dendi Santoso. Lalu, Madura United berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Rizky Dwi Febrianto di menit ke-79.

Dalam laga itu, manajer dari 18 klub Liga Indonesia 1 mendeklarasikan ikrar bertema #RivalitasTanpaMembunuh. Ikrar ini dibacakan oleh juru bicara dari 18 klub yakni Manajer Madura United, Haruna Soemitro sebelum laga amal dimulai.

Video: Suporter Bola di Indramayu Gelar Deklarasi Damai
 



Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /