Liga 1 2017

Profil Wasit Asing yang akan Memimpin Liga 1

Rendy Renuki H    •    04 Agustus 2017 11:15 WIB
liga 1 indonesia 2017
Profil Wasit Asing yang akan Memimpin Liga 1
Ilustrasi by Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah wasit asing yang diundang PSSI untuk memimpin pertandingan Liga 1 Indonesia menyatakan siap bertugas. Kehadiran mereka diharapkan bisa membantu peningkatan kualitas pertandingan dan kompetisi secara keseluruhan.
 
Salah satu wasit asing, Shaun Robert Evans mengatakan federasi Australia mengirimkan dirinya sebagai bagian dari komitmen sesama federasi dalam membina hubungan baik dan meningkatkan kualitas sepak bola di kawasan Asia. Wasit langganan A-League ini akan berupaya menampilkan standar terbaik dalam memimpin pertandingan seperti yang tertera di Laws of the Game.
 
"Saya datang ke sini untuk membantu dan memantapkan standar tertinggi seperti yang kami lakukan di A-League di sepak bola Indonesia, kami pasti akan melakukan yang terbaik dan menjadi contoh yang baik bagi liga teratas di Indonesia. Dan kami siap untuk memimpin pada akhir pekan ini," ujar pria yang dipanggil Shaun kepada PSSI.
 

Baca: Seruan Damai Suporter Sepak Bola Indonesia


Seperti diberitakan sebelumnya, selain Shaun sebagai wasit tengah, federasi Australia mengirimkan Wilson Kenneth Brown dan George Lakrindis yang akan menjadi hakim garis. Selain dari Australia, Kyrgystan juga mengirimkan Rysbek Shekerbekov sebagai wasit tengah, bersama Artem Skopintsev dan Eldiiar Salybaev sebagai hakim garis. Keseluruh wasit ini merupakan periode pertama dari 3 periode kedatangan wasit asing ke Liga 1 pada musim ini.
 
"Pertama kali kami sangat gembira mendapatkan kesempatan dalam penugasan ini, di Indonesia. Kami sudah mencari informasi sebelumnya tentang sepak bola Indonesia dari beberapa berita dan video pertandingan liga terbaru. Dan kami sadar bagaimana tensi dan tekanan yang diberikan kepada wasit sedikit berbeda dari A-League, tapi kami akan selalu konsentrasi dan bekerja keras dalam memutuskan sesuatu di pertandingan," tutur Shaun.
 
"Kami akan perlihatkan teknik yang sedikit berbeda dalam tiap pertandingan, yang terpenting adalah menenangkan situasi, dan memastikan sepakbola tetap menarik bagi kedua tim dan penonton. Sembari tetap menjaga kualitas dan kesan pertandingan yang baik. Semoga kami bertiga dan rekan (dari Kyrgystan) selalu dapat melakukan keputusan yang benar dalam pertandingan, dan semoga semua berjalan lancar," tutur Shaun.
 
Sebelumnya, keenam wasit asing ini sudah mengetahui sedikit tentang persepakbolaan di Indonesia. Khusus mengenai kendala bahasa, Shaun Evans memiliki caranya tersendiri untuk menyampaikan kesan dalam setiap pertandingan yang dipimpinnya.
 

Baca: Sekjen PSSI Minta Bobotoh Patuhi Sanksi


"Kami akan melakukan pendekatan berupa sikap tubuh dan isyarat tangan yang tegas, kami akan gunakan sikap yang mudah dipahami semua pemain sepak bola di seluruh dunia. Intinya gunakan banyak bahasa tubuh untuk mengekspresikan sikap sebagai pengadil. Kami juga belajar beberapa dasar di bahasa Indonesia seperti ya atau tidak," terangnya.
 
"Kami sangat termotivasi datang ke sini, seperti halnya wasit di seluruh dunia mungkin kami tidak akan bisa sempurna 100 % benar memutuskan, tapi kami akan lakukan benar-benar yang terbaik yang kami bisa. Dan semoga bisa jadi panutan yang baik bagi kawan-kawan wasit yang ada di sini, dan berbagi ilmu yang berbeda berdasarkan pengalaman kami. Dan kami sangat senang mendengarkan masukan dan saran tentang sepak bola Indonesia,” tutup Shaun.
 
Secara terpisah Sekjen PSSI, Ratu Tisha mengungkapkan harapannya. “Ini adalah salah satu upaya PSSI untuk meningkatkan kualitas dan wibawa pertandingan liga. Kami juga berharap ada transfer ilmu dan pengalaman dengan wasit lokal," ujar Tisha.

Rencananya, para wasit ini akan mulai memimpin pada pertandingan pekan ke-18 Liga 1.
 
Berikut data singkat para wasit asing tersebut.
 
1. Shaun Robert Evans (Wasit)
FIFA Referee sejak 2016
A-League Referee sejak 2012
Wasit Final Chinese FA Cup
Wasit West Sydney vs Arsenal
 
2. George Lakrindis (Asisten Wasit)
FIFA Assistant Referee sejak 2015
A-League Assistant Referee sejak 2010
Pertandingan Internasional Pertama : Bosnia vs Denmark (Kirin Cup)
 
3. Wilson Brown (Asisten Wasit)
A-League Assistant sejak 2015
Semi Final FFA Cup Assistant Referee 
 
4. Shekerbekov Rysbek (Wasit)
FIFA Referee  sejak 2012 
Kyrgystan TOP league  sejak 2010
Wasit pertandingan international sejak 2014
 
5. Skopintsev Artem (Asisten Wasit)
FIFA Assistant Referee sejak 2009
Kyrgystan TOP league  sejak 2003
AFC Cup Assistant Referee sejak 2012
 
6. Salybaev Eldiiar (Asisten Wasit)
FIFA Assistant Referee sejak 2015
Kyrgystan TOP league  sejak 2010 
Assistant Referee pertandingan international sejak 2017

Video: Pelatih Klub Liga 1 Minta Penyesuaian Jadwal Pelatnas tak Tumpang Tindih



(ASM)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

1 hour Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /