Persib Bandung 2016--2017

Djanur Akui Mustahil Menuntut Essien Bermain Seperti di Chelsea

Roni Kurniawan    •    09 Mei 2017 21:47 WIB
persib bandungliga 1 indonesia 2017
Djanur Akui Mustahil Menuntut Essien Bermain Seperti di Chelsea
Fisik Michael Essien (tengah) tak seprima dulu (Foto: Istimewa)

Metrotvnews.com, Bandung: Sejak direkrut Persib Bandung, Michael Essien belum pernah sekalipun bermain penuh sejak menit awal di kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2017. Bahkan Essien harus menghuni bangku cadangan sebelum bermain pada paruh kedua pertandingan. 

Kondisi fisik diakui pelatih Persib Djadjang Nurdjaman menjadi pertimbangan untuk menyimpan tenaga Essien. Djadjang mengaku sulit mengembalikan fisik Essien seperti saat membela beberapa klub top Eropa seperti Chelsea, AC Milan bahkan Real Madrid.

"Enggak mungkin lah (mengembalikan kondisi fisik Essien) balik lagi. Enggak mungkin menuntut dia bermain seperti di Chelsea," kata pelatih yang akrab disapa Djanur ini di Jalan Anggrek, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa 9 Mei 2017.

Baca juga: Pelatih Persib Keluhkan Regulasi Pemain Muda di Liga 1

Djanur mengatakan, dengan usia Essien yang sudah menginjak usia 34 tahun, cukup sulit baginya untuk mengembalikam fisik seperti saat masa keemasannya. Namun, diakui Djanur kini Essien mengalami kemajuan dengan atmosfer sepak bola Indonesia, yang juga pengalaman pertama pemain asal Ghana ini merumput di Indonesia.

"Ya sudah ada kemajuan, namun tetap belum seperti Essien yang ramping seperti dulu," cetusnya.

Selain itu, Djanur menilai Essien tidak cukup mudah untuk bersaing di Indonesia dengan kompetisi yang ketat dan keras. Hal itu diakui Djanur saat merekrut Vladimir Vujovic (Vlado) beberapa tahun silam. Vlado harus beradaptasi cukup lama dengan Persib.

Baca juga: Jelang Tandang ke Padang, Catatan Buruk Menghantui Persib

"Memang bermain di Liga Indonesia gampang gitu? Sama saja itu daya jelajah. Kompetisi kita cukup keras loh, enggak gampang. Tanya sama Vlado, susah dan enggak gampang main di Indonesia," ujar Djanur.

Meski kondisi fisik belum prima, namun tuah Essien mulai terasa di Persib. Bahkan pemilik nomor punggung 5 ini sudah mengemas dua gol dari lima laga terakhir. Essien pun mulai menunjukkan sentuhan magisnya dengan memberi umpan akurat.

Video: Persib Puncaki Klasemen Liga 1
 


(RIZ)

Sejumlah Transfer Pemain di Liga Eropa

Sejumlah Transfer Pemain di Liga Eropa

4 hours Ago

Juventus selangkah lagi mendapatkan striker muda Republik Ceko Patrik Schick dan turut mendapat…

BERITA LAINNYA
Video /