Persib Bandung vs Tira-Persikabo

Kata Pelatih dan Pemain Persib Usai Dikalahkan Tira-Kabo

Roni Kurniawan    •    02 Maret 2019 20:48 WIB
persibPiala Presiden 2019
Kata Pelatih dan Pemain Persib Usai Dikalahkan Tira-Kabo
Koreografi "Sepak Bola Indah Tanpa Mafia" saat pertandingan perdana Grup A Piala Presiden. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Bandung: Pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic, menilai anak-anak asuhnya telah bermain baik meski kalah dari Tira-Persikabo pada laga perdana Grup A Piala Presiden 2019, Sabtu 2 Maret. Menurutnya, ada dua faktor yang menyebabkan kekalahan itu terjadi.

Persib kalah dari Tira-Kabo di Stadion Si Jalak Harupat dengan skor, 1-2. Sepasang gol kemenangan Tira Kabo dicetak Osas Saha, sedangkan gol semata wayang Persib lahir dari sundulan Kim Jeffrey Kurniawan.

Faktor pertama, kata Radovic, Persib kalah karena pemainnya melakukan tiga kali kesalahan fatal di sepanjang laga. Meski begitu, dia tidak terlalu menyesalkan kesalahan tersebut.

"Pasti ada kesalahan dua sampai tiga kali hingga akhirnya lawan cetak gol. Kami sudah punya banyak peluang, tapi tetap tidak gol. Jadi jujur saja, saya tetap senang kepada pemain karena mereka telah kerja keras," kata Radovic saat jumpa pers usai laga.
 

Klik: Jumpa Perseru, Persebaya Enggan Jemawa


Faktor kedua yang menjadi sorotan Radovic adalah sikap kepemimpinan wasit Dwi Purba yang dinilai banyak merugikan timnya. Menurut dia, semestinya Maung Bandung bisa dihadiahi beberapa tendangan penalti dengan adanya pelanggaran dari para pemain Tira-Kabo yang terjadi di area penalti.

Pelatih asal Montenegro ini menjelaskan, para pemainnya sering dilanggar saat bertanding. Bahkan, Srdan Lopicic harus diganti pada babak kedua karena mengalami cedera hamstring.

"Saya pikir, kita seharusnya dapat tiga, empat atau lima penalti. Tapi wasit bicara lain," ujar Radovic.
 

Klik: Sergio Ramos Berpotensi Absen di El Clasico


Sementara itu, Kim tetap kecewa meski berhasil cetak gol untuk Persib lewat sundulan pada babak kedua. Dia beranggapan, Tira-Kabo bermain sangat ketat, terutama di lini pertahanan, sehingga sulit untuk mencetak gol tambahan.

"Saya pikir permainan cukup ketat. Tira-Kabo tim yang lumayan bagus. Hasil ini  tentu mengecewakan, tapi saya pikir permainan kami sudah lumayan bagus. Kita punya beberapa peluang emas setelah cetak satu gol," tutur Kim.

Atas kemenangan tersebut, Tira-Kabo berhak memimpin klasemen sementara Grup A dengna koleksi 3 poin. Di sisi lain, Persib selaku tuan rumah terpaksa terjerembab di dasar klasemen karena belum memiliki poin.

Selanjutnya pada laga kedua, Kamis 7 Maret, Persib akan berhadapan dengan Persebaya Surabaya dan Tira-Kabo bentrok dengan Perseru Serui. Seluruh pertandingan penyisihan Grup A akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupatan Bandung.



(KAU)