Jelang Arema vs Persib

Arema FC vs Persib Bandung, Panpel Siapkan Pengamanan Ekstra

Daviq Umar Al Faruq    •    22 Februari 2019 11:58 WIB
arema malangpersib bandungPiala Indonesia
Arema FC vs Persib Bandung, Panpel Siapkan Pengamanan Ekstra
Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris. (Foto: medcom.id/ Daviq Umar)

Panitia pelaksana Arema vs Persib menuturkan bakal memberikan pengamanan ekstra. Mereka tak ingin terjadi hal-hal yang tidak terpuji.

Malang: Arema FC bakal berhadapan dengan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat 22 Februari 2019. Pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia ini, pihak panpel menyiapkan pengamanan ekstra.

Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris mengatakan, pihaknya tak ingin mengulang peristiwa kericuhan oknum suporter yang terjadi saat laga Arema kontra Persib pada 15 April 2018 lalu. Oleh karena itu, ribuan personel keamanan disiagakan.

"Suporter jangan sampai meluber ke area teknis pertandingan. Rencana kami siapkan keamanan 1.223 personel, terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, dan PAM swakarasa dari Arema," kata Abdul, Kamis 21 Februari 2019.

"Kami sudah koordinasi. Untuk SOP suporter yang merugikan pertandingan, penanganan pertama korwil Aremania, lalu match steward, lalu kepolisian dan terakhir TNI. Penggunaan alat pengamanan juga sesuai SOP," imbuhnya.

Haris pun mengimbau kepada penonton untuk tidak membawa dan menyalakan flare, bomb smoke atau kembang api saat pertandingan berlangsung. Sebab, hal itu dapat berujung sanksi yang akan diperoleh Arema.

"Kita telah lakukan sosialisasi kepada Aremania untuk tidak melakikan hal-hal yang berakibat sanksi pertandingan dan bisa berakibat fatal pada klub, pedagang asongan dan Aremania itu sendiri. Jangan sampai terulang," tegasnya.

Baca: Makan Konate Menargetkan Cetak Gol ke Gawang Persib

Pada laga ini pihak panpel menyediakan 40 ribu tiket untuk penonton. Rinciannya, 37.500 tiket ekonomi, 2.000 tiket VIP dan 500 tiket VVIP. Sedangkan, harga tiketnya yakni ekonomi Rp30 ribu, VIP Rp100 ribu dan VVIP Rp150 ribu.

"Jumlah tiket tercetak 40 ribu dari kapasitas stadion 45 ribu. Pedagang asongan kita kurangi sehingga Aremania bisa mendukung tim dan melihat pertandigan secara jelas juga nyaman," tuturnya.

Panpel juga tetap membuka penjualan tiket di Stadion Kanjuruhan. Jumlahnya sekitar tiga ribu tiket. Aremania yang boleh hadir di stadion disarankan hanya yang memiliki tiket saja. 

"Laga nanti kita cetak tiket gelang. Jadi saya pastikan kecil untuk pemalsuan tiket. Karena tiket gelang ada pengamanannya dan ada korporasi yang memerlukan alat khusus dan tidak semua bisa," jelasnya.

Selain itu, terdapat aturan baru yang bakal diterapkan pada laga ini yaitu pelarangan memasang berbagai macam spanduk, bendera atau banner di semua pagar tribun. Terutama tribun utara, selatan dan timur.

"Kami siapkan layar lebar untuk Aremania yang tidak bisa masuk ke stadion. Letaknya di  area sebelah barat Stadion Kanjuruhan," ujarnya.

Selain antisipasi di stadion, panpel juga menyediakan pengamanan khusus kepada pemain, pelatih maupun official tim Persib. Sebanyak empat kendaraan taktis (rantis) disediakan untuk keamanan tim Maung Bandung.

"Antarjemput pemain dari hotel ke area pertandingan, kami dan pihak kepolisian telah menyiapkan empat rantis. Mudah-mudahan pertandingan berjalan lancar, kondusif dan berkualitas," pungkasnya.

Video: Legenda Liverpool Bicara Nostalgia Istanbul


(ASM)