Polemik Juara Liga 1 Indonesia 2017

Mitra Kukar Terima Keputusan Komdis, Bhayangkara Bisa Dipastikan Juara Liga 1

Kautsar Halim    •    11 November 2017 01:22 WIB
liga 1 indonesia 2017
Mitra Kukar Terima Keputusan Komdis, Bhayangkara Bisa Dipastikan Juara Liga 1
Sekjen PSSI Ratu Tisha (Foto: MTVN/Kautsar Halim)

Jakarta: Polemik raihan tiga poin gratis Bhayangkara FC pada pekan ke-32 Liga 1 Indonesia 2017 sudah menemui titik terang. Itu terjadi setelah semua pihak yang terkait saling bertemu di sela-sela rapat Exco PSSI, Jumat 10 November.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria yang hadir mengikuti rapat Exco. Dalam pertemuan itu ia sebutkan semua pihak yang terkait, khususnya Mitra Kukar dan Bali United, sudah bisa menerima sanksi yang dijatuhkan Komisi Disiplin (Komdis PSSI).

"Exco PSSI sudah memfasilitasi perwakilan dari Bhayangkara FC, Mitra Kukar, Bali United, dan PT. LIB," kata Tisha dalam jumpa pers di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (10/11/2017).

"Dalam forum itu, Mitra Kukar mengaku salah sudah memainkan pemain yang tidak sah. Ketika sanksi dijatuhkan, Mitra Kukar juga sudah menerimanya dengan lapang dada," tambahnya.
 

Baca: Keanehan-keanehan di Liga Indonesia Musim Ini


Bhayangkara mendapat tiga poin gratis lantaran Mitra Kukar yang menjadi lawannya saat itu dianggap melakukan kecurangan dengan memainkan pemain yang tidak sah, yakni Mohamed Sissoko. Seharusnya, marquee player asal Prancis itu tidak bisa dimainkan karena sedang terkena sanksi akumulasi kartu.

Dengan adanya pelanggaran tersebut, Komdis PSSI langsung menjatuhkan hukuman bahwa Bhayangkara menang atas Mitra Kukar dengan skor, 3-0. Padahal, hasil laga sesungguhnya adalah sama kuat, 1-1.

Bali United terlibat dalam polemik karena hanya mereka yang masih berpeluang menyalip posisi puncak milik Bhayangkara dalam perburuan gelar juara musim ini. Dengan diputuskannya Bhayangkara menjadi pemenang atas Mitra Kukar, artinya harapan Bali United langsung pupus. 

Tidak terima dengan keputusan Komdis PSSI, pihak Mitra Kukar dikabarkan bakal mengajukan banding sambil mendapat dukungan dari Bali United. Namun kabar tersebut sudah tidak berlaku ketika semua pihak yang terkait saling bertemu untuk mencari kata mufakat lewat rapat Exco PSSI.
 

Baca juga: Respons Madura United atas Kualitas Komdis PSSI


Karena pihak Mitra Kukar sudah mengaku salah dan tidak akan mengajukan banding atas hukuman Komdis PSSI, dengan demikian, sudah bisa dipastikan bahwa Bhayangkara FC keluar sebagai juara Liga 1 2017.

Sebab, Bali United tidak akan bisa mengkudeta posisi Bhayangkara andai menang lawan Persegres dan Bhayangkara takluk di tangan Persija pada pekan terakhir Liga 1, Minggu 12 November. Bali tetap harus puas duduk di posisi dua meski nantinya koleksi poin kedua tim tersebut berpotensi sama (68), sebab, Bali United kalah head to head dari Bhayangkara.

Kendati sudah tidak ada halangan lagi untuk memastikan gelar juara, Tisha selaku perwakilan PSSI belum bisa meresmikan atau mendeklarasikan Bhayangkara menjadi juara Liga 1 Indonesia. Pasalnya, ia ingin tetap menjaga sportivitas tetap terjaga hingga laga pamungkas. 

"Walaupun sudah dipastikan secara koleksi poin, tapi ini sepak bola. Apapun bisa terjadi dan tetap ada proteksi di dalamnya. Jadi kita tunggu saja sampai 12 November, baru kepastian gelar juara bisa dideklarasikan," tutup Tisha. 

Video: ?Pelatih Mitra Kukar Mengaku Keberatan atas Sanksi Komdis



(ACF)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /