PSSI

PSSI Berencana Menggelar Kompetisi di Luar Test Event

Riyan Ferdianto    •    19 Januari 2018 15:07 WIB
pssi
PSSI Berencana Menggelar Kompetisi di Luar Test Event
Waketum PSSI, Joko Driyono. (Foto: Antara/Fikri Yusuf)

Jakarta: Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana akan membuat kompetisi di luar turnamen uji coba atau test event sepak bola Asian Games 2018. Hal itu sebagai langkah antisipasi jika jumlah peserta uji coba tidak sesuai dengan target.

Menurut Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono, kompetisi di luar uji coba kemungkinan bisa terlaksana. Sebab, sampai saat ini, belum ada konfirmasi dari negara lain untuk memastikan diri ikut test event Asian Games 2018.

"Sampai hari ini kami sudah menghubungi Tiongkok, Iran, Yordania dan Myanmar dan berharap tiga di antaranya memberikan kepastian ikut test event. Namun, kondisinya sekarang, kami tidak menangkap adanya antusiasme yang dari negara-negara itu untuk terlibat dalam test event sepak bola Asian Games 2018," ujar Joko seperti dilansir Antara, Jumat 19 Januari 2018. 

PSSI sudah mengusulkan perihal penyelenggaraan kompetisi sepak bola di luar test event kepada Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC). Akan tetapi, lanjut Joko, INASGOC yang dipimpin Erick Thohir belum memberikan keputusan karena hal itu mesti dibicarakan dengan berbagai pihak.

Baca: Tak Mampu Bayar Gaji Pemain, Vicenza Resmi Bangkrut


"Kami juga masih menunggu kabar dari negara peserta untuk test event sampai batas waktu yang diberikan INASGOC yaitu 23 Januari 2018. PSSI  berharap usulan tentang kompetisi di luar jadwal test event itu bisa diterima," sambung Joko.

INASGOC rencananya akan menghelat test event Asian Games 2018 pada 10 - 24 Februari. Ada sembilan cabang olahraga yang akan dipertandingkan yakni panahan, atletik, angkat besi, bola basket, tinju, sepak bola, pencak silat, taekwondo, dan bola voli indoor. Khusus cabor sepak bola, test event minimal diikuti empat negara termasuk Indonesia.

Baca: Roberto Mancini Simpan Mimpi Melatih PSG


Lebih lanjut, Joko Driyono sedikit menjelaskan mengenai konsep kompetisi sepak bola di luar waktu test event itu. PSSI mengusulkan test event mandiri itu digelar pada Juni atau Juli 2018 di stadion yang memang akan disiapkan untuk Asian Games 2018. 

Sudah ada dua stadion yang bakal diusulkan PSSI yaitu Stadion Wibawa Mukti di Cikarang dan Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi.

"Yang namanya test event, kan tidak hanya mengetes arenanya, tetapi juga sumber daya manusia, fasilitas pendukung, bagaimana transportasi dan perpindahan pemain serta yang lainnya," tambah Joko. 

Tak ingin ketinggalan berita bola? Follow instagram kami @medcom_bola

Video: Tiga Pemain Timnas U-19 Ikut Pemusatan Latihan Timnas U-23


(ASM)


Juventus akan Temui FIFA untuk Rombak Format Liga Champions

Juventus akan Temui FIFA untuk Rombak Format Liga Champions

4 hours Ago

Juventus tengah mengupayakan format baru Liga Champions kepada FIFA dan UEFA. Melalui Presiden …

BERITA LAINNYA
Video /