Piala AFF 2016: Grup A

Andik Vermansyah Penggerak Sayap Timnas Garuda

Media Indonesia    •    23 November 2016 11:04 WIB
piala aff
Andik Vermansyah Penggerak Sayap Timnas Garuda
Andik Vermansyah. (Kanan). (Foto: MI/ Susanto)

Metrotvnews.com, Bulacan: Timnas Indonesia tidak pernah kehabisan bakat di posisi sayap di tim nasional. Ellie Aiboy dan Oktovianus Maniani merupakan beberapa nama yang dikenal beberapa tahun terakhir.

Kini, ada sosok Andik Vermansyahlah yang dipercaya sebagai penggerak sektor samping skuat 'Garuda' julukan Indonesia di Piala AFF 2016. Mantan pemain Persebaya Surabaya itu pantas untuk mengisi posisi tersebut.

Kecepatan yang di atas rata-rata, kemampuan menggiring bola yang mumpuni, sekaligus gelontoran umpan-umpan matang membuatnya unggul dari pemain lincah lainnya, Bayu Gatra Sanggiawan, di posisi serupa.

Kualitas Andik sempat membuatnya dijuluki Lionel Messi dari Indonesia. David Beckham sempat dibuat geregetan kala mengawal pergerakan Andik dalam laga persahabatan Los Angeles Galaxy dengan timnas Indonesia Selection di Jakarta pada November 2011.


Baca: Ilustrasi Gol: Filipina Imbangi Indonesia pada Laga Kedua


Mantan bintang Manchester United bahkan harus melakukan ganjalan keras untuk menghentikan laju winger 24 tahun itu. "Saya merasa tidak enak tadi menendang dia (Andik). Dia pemain yang sangat bertalenta. Jadi, saya menginginkan seragamnya," ujar Beckham dalam jumpa pers seusai pertandingan kala itu. Nama Andik semakin bersinar setelah menciptakan gol cantik dalam pergelaran Piala AFF 2012.

Eksekusi tendangan bebasnya menghunjam ke gawang Singapura pada babak penyisihan grup. Sayangnya, kontribusi pemain Jember ini tidak mampu membawa Indonesia berbicara banyak dalam Piala AFF 2012 tersebut.

Baca: Ditahan Imbang Filipina, Indonesia Juru Kunci Grup A


Berkat performa yang terus menanjak, tim asal Malaysia Selangor FA pun berani merekrutnya. Tidak butuh waktu lama, Andik sukses mencuri hati pendukung Selangor dan mempersembahkan gelar Piala Malaysia pada 2015 lalu. Andik pun selalu menjadi pilihan pertama pasukan 'Raksasa Merah' julukan Selangor dalam tiga musim terakhir dengan torehan 15 gol dari 66 pertandingan. 

Saat ini, tekad Andik membuat Indonesia melenggang ke semifinal. "Tidak penting lawan siapa. Yang penting buat saya kita harus sungguh-sungguh main untuk Indonesia," ujar Andik.

Video: Sempat Unggul, Indonesia Ditahan Imbang Filipina



(ASM)

Menyambangi CSKA Moskow, Lini Tengah MU 'Pincang'
Jelang CSKA Moskow vs Manchester United

Menyambangi CSKA Moskow, Lini Tengah MU 'Pincang'

2 hours Ago

Manchester United bakal berhadapan dengan CSKA Moskow pada lanjutan game week kedua Liga Champi…

BERITA LAINNYA
Video /