Anarkisme Suporter

Sanksi untuk Persib Bandung Dinilai Sudah Tepat

Gregorius Gelino    •    02 Oktober 2018 17:08 WIB
liga indonesiapersib bandungAnarkisme Suporter
Sanksi untuk Persib Bandung Dinilai Sudah Tepat
Bobotoh Viking sedang memberi dukungan bagi Persib Bandung (AFP/Timur Matahari)

Jakarta: Pengamat sepak bola nasional Anton Sanjoyo menilai bahwa hukuman yang diberikan PSSI kepada Persib Bandung sudah tepat. Pria yang akrab disapa Bung Joy ini mengatakan, hukuman yang dijatuhkan PSSI cukup berat namun sesuai jika melihat aksi suporter Persib yang menghilangkan nyawa seseorang.

PSSI menjatuhkan hukuman larangan bertanding di Pulau Jawa, Persib akan bermain di Kalimantan hingga akhir musim 2018--2019. Selain itu Maung Bandung akan menjalani laga tanpa suporter sejak awal musim 2019--2020 hingga pertengahan musim.

Baca juga: PSSI Hukum Persib, Bobotoh Pertanyakan Kasus di GBK

"Ada sedikit kemajuan dalam sikap PSSI. Ini sikap yang tegas dari PSSI dan merupakan sebuah kemajuan, meski berat tapi langkah ini harus diambil agar kejadian serupa tidak terulang lagi," ujar Anton ketika dihubungi Medcom.id, Selasa 2 Oktober sore tadi.

"Ini hukuman yang cukup berat bagi Persib, tapi semoga ini bisa menjadi awal sikap tegas PSSI atas pelanggaran serupa. Tangan federasi memang tidak bisa menjangkau suporter, tapi hanya menjangkau klub. Ini diharapkan membuat para suporter yang memang mencintai klub tidak melakukan hal serupa," sambungnya.

Sebelumnya, beberapa oknum suporter Persib memukuli Haringga Sirila, seorang pendukung Persija Jakarta, hingga meninggal dunia. Pengeroyokan ini terjadi di area parkir sekitar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) beberapa jam sebelum pertandingan Persib vs Persija dimulai.

Imbas dari kejadian ini adalah dihentikannya aktivitas sepak bola oleh Menpora Imam Nahrawi selama dua minggu sejak 25 September lalu sebagai waktu berkabung. Namun PSSI mengatakan bahwa pihaknya akan melanjutkan aktivitas Liga 1 Indonesia pada 5 Oktober mendatang.

Video: Dua Atlet Paralayang Asal Manado Ditemukan Tewas di Hotel Roa Roa

 


(ASM)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

6 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /