Dramatis, Persija Tekuk Barito Putera setelah Memainkan Bepe

Kautsar Halim    •    09 Oktober 2016 22:10 WIB
persija
Dramatis, Persija Tekuk Barito Putera setelah Memainkan Bepe
Selebrasi gol para pemain Persija. (Foto: Media Share ISC)

Metrotvnews.com, Solo: Laga dramatis tersaji ketika Persija Jakarta menghadapi Barito Putera pada laga lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, Minggu 9 Oktober malam WIB. Saat itu, tim Macan Kemayoran yang tertinggal pada babak kedua akhirnya berhasil membalikkan situasi setelah memainkan Bambang Pamungkas.

Berlangsung di Stadion Manahan, Solo, sejatinya Persija sukses mendominasi jalannya laga dengan baik. Namun, serangan-serangan balik yang diperagakan Barito Putera juga tidak bisa dianggap remeh karena terbukti lebih efektif melahirkan gol.

Agresivitas Persija langsung terbukti ampuh ketika Hong Soon Hak mencetak gol pembuka pada menit ke-7. Saat itu, ia berhasil menaklukkan kiper Barito Putera Aditya Harlan karena bola hasil tendangannya sempat memantul ke tanah terlebih dahulu.

Bukannya menjaga keunggulan, Persija malah melakukan kesalahan fatal melalui Andik Rendika Rama pada menit ke-12. Maksud Andik saat itu  ingin membuang bola, namun arahnya malah melesat cepat ke dalam gawang.

Persija berhasil mendominasi penguasaan bola ketika kedudukan sama kuat 1-1, namun permainan Barito Putera juga sudah jauh lebih disiplin. Tak heran, jika  kedudukan imbang itu tetap bertahan hingga turun minum.

Memainkan babak kedua, giliran Barito Putera yang tampil lebih agresif. Upaya tersebut sempat melahirkan sejumlah peluang emas dan bahkan menjadi titik balik keunggulan mereka ketika laga menginjak menit ke-60. Saat itu, adalah Dedi Hartono yang membuat kedudukan menjadi 1-2 melalui gol tendangan bebas.

Tidak ada perubahan hingga pertengahan babak kedua, pelatih Persija M. Zein Alhadad langsung memasukkan Bambang Pamungkas untuk menggantikan Ramdani Lestaluhu yang sering menyia-nyiakan peluang emas. Strategi ini terbukti manjur karena striker yang akrab disapa Bepe itu malah mencetak gol penyeimbang pada menit ke-76.

Terlecut dengan gol sang ikon, permainan Persija jadi lebih baik dan membuat pertahanan Barito Putera semakin terpojok. Oleh karena itu, tak heran jika akhirnya Persija berhasil mencetak gol kemenangan melalui Emmanuel Kenmogne pada menit ke-80.

Barito Putera belum patah arang ketika tertinggal dalam waktu yang semakin menipis. Namun, upaya serangan-serangan balik mereka kali ini sudah bisa lebih mudah dipatahkan hingga peluit panjang berbunyi. Persija akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor, 3-2.

Berkat kemenangan ini, Persija berhasil merangkak naik ke urutan 14 klasemen sementara dengan koleksi 23 poin. Sementara itu, Barito Putera harus rela tetap menjadi juru kunci karena baru mengumpulkan 17 poin.

Starting XI

Persija: Rahayu, Rama, Cahyo, Pacheco, Hong Soon Hak, Lestaluhu, Setiawan, Sutanto Tan, Nwokolo, Kenmogne, Tosi.

Barito Putera: Harlan, Rahman, Gathussi, Ambrizal, Roby, Lim Jun Sik, Sitanggang, Setyano, Mukminin, Junior, Amaral.



 


(KAU)

Video /