Naturalisasi Ezra Walian

Ayah Ezra Walian Memaklumi Buruknya Fasilitas Sepak Bola Indonesia

Kautsar Halim    •    20 Maret 2017 23:56 WIB
timnas indonesia
Ayah Ezra Walian Memaklumi Buruknya Fasilitas Sepak Bola Indonesia
Glenn Walian. (Foto: MTVN/Zam)

Metrotvnews.com, Bogor: Glenn Walian yang merupakan ayah kandung Ezra Walian tak mengkhawatirkan perkembangan anaknya ketika memutuskan untuk bergabung dengan timnas Indonesia. Ia beranggapan tidak ada yang instan dalam tiap pertumbuhan, termasuk sepak bola.

Ezra bergabung dengan timnas Indonesia U-22 dengan status sebagai mantan striker Ajax Amsterdam B dan timnas muda Belanda. Adanya rekam jejak itu tak lepas dari pengembangan sepak bola Belanda yang mendapat perhatian cukup baik.

Salah satu bentuk pengembangan sepak bola yang baik bisa ditunjukkan lewat tersedianya berbagai fasilitas penunjang prestasi yang memadai. Salah satunya dengan pengadaan lapangan berkualitas internasional hingga penggunaan sport science.
 

Klik: Skor Indonesia vs Myanmar Versi Menpora & Ketum PSSI


Berbeda dengan di Indonesia, pengembangan sepak bola Tanah Air malah seakan jalan di tempat. Prestasi internasional makin minim lantaran adanya sanksi pembekuan FIFA pada tahun lalu, kemudian fasilitas yang tersedia juga jarang terawat dan cenderung tidak diperbarui atau ditambah.
  Berkaca dengan kekurangan itu, Glenn mengaku bisa mengerti dan tidak khawatir dengan perkembangan karier anaknya. Ia optimistis Ezra tetap bisa sukses sebagai penggawa timnas Indonesia.  

"Saya rasa itu bukan masalah. Pasalnya, fasilitas di Belanda juga belum bagus ketika saya muda. Semua pemain, termasuk  Frank Rijkard atau Ronald de Boer juga bermain dengan fasilitas yang minim. Jadi itu bukan masalah buat Ezra," kata Glenn sambil menyaksikan anaknya latihan perdana bersama timnas U-22 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Senin (20/3/2017).


Klik: Ezra Walian Resmi Jadi Warga Negara Indonesia


Ezra merupakan satu-satunya penggawa timnas U-22 yang berstatus sebagai pemain naturalisasi. Latihan perdananya itu sempat tertunda lantaran proses naturalisasi yang cukup rumit. Meski begitu, kerumitan itu sudah berlalu karena Ezra kini sudah resmi menjadi WNI menyusul diterbitkannya surat Keputusan Presiden (Keppres) pada Senin malam tadi.

 


(ACF)

Mengulik Sejarah dan Arti Lirik Lagu Liga Champions
Liga Champions

Mengulik Sejarah dan Arti Lirik Lagu Liga Champions

16 hours Ago

Bagi Anda pencinta sepak bola, terutama Liga Champions pasti akrab dengan lagu "kebangsaan…

BERITA LAINNYA
Video /