Jelang Filipina vs Indonesia

Filipina vs Indonesia: Indonesia Harus Mencontoh Strategi Melawan Malaysia di Solo

Alfa Mandalika    •    22 November 2016 11:46 WIB
piala aff
Filipina vs Indonesia: Indonesia Harus Mencontoh Strategi Melawan Malaysia di Solo
Timnas Indonesia sedang berlatih jelang melawan Filipina. (Foto: MI/ Susanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia akan berjumpa Filipina pada lanjutan Grup A Piala AFF 2016, Selasa 22 November malam WIB. Laga ini menjadi krusial bagi tim Merah Putih karena bisa memutuskan nasib Andik Vermansyah dkk di pentas Piala AFF.

Indonesia membutuhkan poin demi menjaga asa lolos ke babak semifinal. Tim polesan Alfred Riedl saat ini menghuni posisi buncit di klasemen Grup A lantaran belum ada poin yang diraih.

Menanggapi situasi itu, eks pelatih timnas Indonesia Rahmad Darmawan memberikan saran kepada Boaz Salossa cs. Menurutnya, Indonesia harus menerapkan strategi seperti menghadapi Malaysia di Solo pada September silam. Saat itu, Indonesia menang dengan skor telak 3-0!

Baca: Filipina vs Indonesia: Peluang Timnas Garuda 50 - 50


Ketika itu, kata Rahmad, Indonesia bermain taktis dan efisien. Mengandalkan kecepatan pemain, Indonesia sukses membuat Malaysia tertunduk lesu usai pertandingan.

"Indonesia harus mencontoh strategi seperti melawan Malaysia di Solo. Melakukan tekanan di sepertiga lapangan tengah lalu menyerang dengan cepat. Itu akan efektif karena postur pemain Filipina yang tinggi akan kesulitan dengan kecepatan pemain kita. Indonesia juga harus fokus dalam menjalankan taktik dan tidak emosional," ujar Rahmad kepada Metrotvnews.com, Selasa (22/11/2016).

Mantan pelatih Persija itu juga tidak menyarankan Indonesia bermain menekan sejak awal. Sebab, Filipina yang piawai memainkan bola panjang bakal membuat pertahanan Indonesia kerepotan.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Indonesia vs Filipina Malam Nanti


"Tapi kalau kita coba menekan dari awal, itu akan sulit. Apalagi, tempo permainan mereka yang juga bisa piawai bermain dengan umpan panjang," sambungnya.

Pria kelahiran Lampung itu mengatakan, jika Indonesia bisa mencuri poin, peluang ke babak semifinal masih terbuka. Oleh karena itu, timnas Garuda wajib memberikan kualitas terbaik.

"Lawan Filipina adalah partai hidup mati buat Indonesia. Kalau kalah peluang ke semifinal hampir pasti tertutup. Tetapi kalau seri, minimal masih bisa bicara untuk lolos. Jadi, bermain tetap fokus pada keseimbangan menyerang dan bertahan," tegas coach RD.

Video: Rekor Pertemuan Indonesia vs Filipina



(ASM)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

1 hour Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /