Piala AFF 2016

Stadion Pakansari Berpeluang Besar Gelar Semifinal Piala AFF 2016

Kautsar Halim    •    26 November 2016 19:47 WIB
piala aff
Stadion Pakansari Berpeluang Besar Gelar Semifinal Piala AFF 2016
Pekerja menyelesaikan pembangunan Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor,Jawa Barat, Selasa (1/11). (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Metrotvnews.com, Tangerang: Stadion Pakansari di Cibinong, Jawa Barat berpeluang besar menjadi arena pertarungan leg pertama semifinal Piala AFF 2016 ketika Indonesia menjamu juara Grup B. Itu terjadi karena rumput di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dianggap tidak baik.

"Harapan awal kami di Bandung, tapi setelah melihat dan mendengar kondisi lapangan di sana kurang memungkinkan, jadi kami memberikan alternatif di Pakansari," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ade Wellington ketika menggelar jumpa pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (26/11/2016).

Meski begitu, Ade melanjutkan, keputusan untuk menentukan arena semifinal leg pertama masih belum final. Ia bersama PSSI masih menunggu verifikasi dan inspeksi perwakilan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) yang rencananya akan dilakukan pada Senin 28 November mendatang.


Klik: Ada Peluang Duet Balotelli-Lavezzi di Nice


"Senin pagi akan dicek AFF dan kami bisa langsung mengetahui hasilnya. Jadi, keputusan stadion yang bakal digunakan sudah bisa disebarkan pada senin sore atau senin malam," kata Ade yang juga mengiringi kedatangan timnas dari Filipina.

Indonesia lolos ke semifinal dengan status runner-up Grup A. Tren positif itu mereka capai dengan susah payah setelah melakoni tiga laga di fase grup. Indonesia menjadi runner-up dengan koleksi empat poin karena dikalahkan Thailand (2-4), ditahan imbang Filipina (2-2), serta menang atas Singapura (2-1).

Selanjutnya di babak semifinal, Indonesia akan ditantang Vietnam yang berstatus sebagai juara Grup B. Rencananya, skuat Garuda baru berlatih lagi apabila stadion leg pertama semifinal sudah ditentukan.

"Saya juga sudah berbicara dengan pelatih dan dia bilang timnas off (libur) dalam dua hari ke depan. Para pemain akan dikumpulkan lagi pada Senin (28/11) setelah melihat persetujuan AFF tentang stadion yang digunakan, apakah itu GBLA atau Pakansari," papar Ade.


Klik: Aubameyang Ingin Bertahan di Dortmund untuk Waktu yang Lama


Terlepas dari pilihan stadion yang bakal digunakan, Ade juga mengaku bangga dengan prestasi yang digapai timnas saat ini. Meski turnamen belum selesai, Boaz Solossa dan kawan-kawan dikatakannya sudah memberikan angin segar kepada insan sepak bola dan PSSI.

"Kami cukup bersyukur atas prestasi ini, karena kita belum pernah sampai semifinal selama enam tahun sebelumnya. Hal ini tentu cukup membanggakan," pungkas Ade.

Video: Lini Belakang Timnas Indonesia Keropos, Lini Depan Tajam

 


(KAU)

Video /