Liga 1 Indonesia 2018

Jumat, PT LIB Bagikan Jadwal Kompetisi kepada Klub-klub

A. Firdaus    •    07 Maret 2018 14:09 WIB
liga 1 indonesia
Jumat, PT LIB Bagikan Jadwal Kompetisi kepada Klub-klub
Direktur Utama PT LIB Berlinton Siahaan (tengah), dan dua Chief Operational Officer PT LIB, Risha Adi Wijaya (kanan) dan Tigor Shalom Boboy (kiri). (Foto:.MTVN/Kautsar Halim)

Jakarta: Setelah melunasi subsidi kepada 18 klub, tugas berat kembali ditangani oleh PT Liga Indonesia Baru. Tugas itu mengenai jadwal lengkap kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Indonesia yang rencananya bergulir pada Maret ini.

Chief Operating Officer PT LIB, Tigorshalom Boboy mengatakan telah memegang jadwal keseluruhan kompetisi. Ia berencana bakal membagikan jadwal keseluruhan itu ke klub-klub pada Jumat 9 Maret mendatang.

"Kalau bicara draft atau jadwal keseluruhan kompetisi, 99 persen kami sudah punya, dan paling lambat pada Jumat (9/3) nanti kami akan menyampaikan kepada klub-klub," ujar Tigorshalom Boboy kepada awak media. 

Baca: Prediksi Tottenham vs Juventus: Misi Berat Si Nyonya Tua

Terkait dalam pembuatan jadwal, PT LIB juga mempertimbangkan beberapa event besar yang terjadi pada tahun ini. Seperti Asian Games, Pilkada, hingga gelaran Piala AFF yang berlangsung pada akhir tahun.

"Mengenai pembuatan jadwal, kami melihat beberapa pertimbangan. Ada Asian Games, Pilkada, AFF Suzuki, kalau tahun lalu hanya hari besar saja. Kalau ini ada tiga yang harus kami sesuaikan. Jadi itu yang membuat kami hati-hati membuat jadwal," terangnya.

Dengan akan dimulainya pada Maret ini, PT LIB juga menyebut kalau akhir dari kompetisi ini akan berada pada awal Desember mendatang. Bersinggungan dengan itu Piala AFF juga akan berlangsung mulai November. Untuk menyiasati itu, akan ada komunikasi yang intens antara PT LIB dengan PSSI.

"Komunikasi ke PSSI pasti, kami sekarang sedang berkomunikasi yang intens dengan mereka terutama tentang sinkronisasi terkait jadwal timnas. Kami juga melihat pernyataan dari PSSI bahwa Coach Luis Milla belum tentu menjadi pelatih timnas di Piala AFF. Jadi siapapun yang akan dikirim kami belum tahu apakah Timnas U-23, atau timnas Senior," lanjut Tigor. 

Baca: Pochettino: Tidak Ada Target untuk Spurs Musim Ini

Paling penting bagi PT LIB adalah memproteksi klub dan pemain. Sebab dengan jadwal yang begitu padat, mereka tidak ingin kualitas kompetisi Liga 1 Indonesia 2018 lebih rendah dari musim-musim sebelumnya.

"Kami juga punya pengalaman, mengakhiri kompetisi satu minggu sebelum AFF kemudian prestasi Timnas jadi buruk. Kami enggak mau itu terjadi lagi. Untuk itu harus berjalan sinkron antara PSSI dan Liga. Terutama pada klub," terangnya.

"Jadi pada saat manager meeting kami berharap ada kejelasan juga proses TC baik timnas U-23 maupun timnas senior nantinya. Biar klub juga ada gambaran apakah ada kerugian yang mungkin diterima mereka, atau justru mereka punya cara yang sama untuk menyukseskan timnas," tegas Tigor.


Video: Jadwal Liga 1 (Kembali) Menggantung?

 


(PAT)