Polemik Walk Out Persib

PT LIB Serahkan Nasib Persib ke Komdis PSSI

Patrick Pinaria    •    06 November 2017 21:15 WIB
persijapersib bandungliga 1 indonesia 2017
PT LIB Serahkan Nasib Persib ke Komdis PSSI
Bambang Pamungkas (kanan) menendang bola tetapi dihadang pemain Persib Bandung Supardi (kiri) dan Purwaka Yudi (dua kiri) dalam laga Persija vs Persib, Jumat (3/11). (Foto: ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA) Metrot

Metrotvnews.com, Jakarta: Laga antara Persija Jakarta kontra Persib Bandung pada pekan ke-33 Liga 1 Indonesia 2017, Jumat 3 November lalu, berakhir kurang baik. Laga harus berakhir setelah skuat Persib memutuskan mundur (walk out), ketika waktu masih bergulir atau tepatnya pada menit ke-83.

Persib melakukan keputusan tersebut karena kekecewaan mereka terhadap kinerja wasit selama pertandingan. Puncak kekesalan mereka terjadi ketika wasit memberikan kartu merah kepada bek mereka, Vladimir Vujovic.

Mengenai keputusan WO yang diambil Persib, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 Indonesia 2017, telah mengirimkan hasil laporannya kepada Komisi Displin (komdis) PSSI.

Baca juga: Eks Wasit FIFA Asal Indonesia Komentari Laga Persija vs Persib

Menurut Chief Operation Officer PT LIB Tigor Shalom Boboy, pihaknya tinggal menyerahkan kepada Komdis PSSI mengenai sanksi yang layak untuk diberikan kepada Persib.

"Hari ini, kami telah menyampaikan hasil laporan pertandingan dari Pengawas Pertandingan kepada Komisi Disiplin PSSI. Selanjutnya kasus ini tinggal masuk dalam sidang. Jika sesuai jadwal, sidang akan digelar Rabu (8 November) atau Kamis (9 November)," ujar Tigor.

"Kami hanya bertugas untuk memastikan semua pertandingan berjalan sesuai dengan regulasi. Tetapi kalau memberikan hukuman, bukan lagi kewenangan kami. Sebab, kami hanya bisa menyampaikan bukti-bukti di lapangan seperti apa," sambungnya.

Baca juga: Komdis PSSI akan Cari Dalang yang Menyuruh Pemain Persib Mogok

Jika merujuk pada peraturan LIB, Persib sebetulnya bisa terancam keluar dari Liga 1 Indonesia 2017. Regulasi tertuang pada pasal 13 ayat 1 B dan C.

"Setiap klub dapat dianggap dan dinyatakan mengundurkan diri dari Liga 1 apabila: b. menolak untuk melanjutkan pertandingan di Liga 1; atau c. meninggalkan lapangan atau stadion sebelum selesainya pertandingan yang dijalankan," tulis isi pasal tersebut di buku manual liga.

Video: Timnas Indonesia U-19 Dikalahkan Malaysia 4-1
 


(RIZ)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /