Pertemuan Kemenpora-PSSI

Tingkatkan Kualitas Pelatih, Kemenpora akan Kucurkan Dana untuk PSSI

Patrick Pinaria    •    13 Juni 2017 11:50 WIB
pssi
Tingkatkan Kualitas Pelatih, Kemenpora akan Kucurkan Dana untuk PSSI
Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto (Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan membantu PSSI untuk meningkatkan kualitas pelatih-pelatih sepak bola di Indonesia. Bantuan yang akan dilakukan Kemenpora adalah mengucurkan dana kepada PSSI.

Keputusan tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto setelah melakukan pertemuan dengan PSSI di kantor Kemenpora pada Senin 12 Juni. Dana tersebut diberikan agar PSSI dapat membiayai para calon pelatih untuk mengikuti kursus kepelatihan dengan standar AFC.

"Pertama, kami di Kemenpora akan membantu peningkatan kualitas pelatih-pelatih di bawah naungan PSSI untuk mengikuti kursus kepelatihan dengan standar AFC dan Kemenpora telah menyiapkan anggaran untuk biaya operasionalnya. Tetapi perlu ditekankan dana tersebut bukan sepenuhnya untuk sepakbola saja, tetapi untuk semua cabang olahraga yang ada di Tanah Air," ujar Gatot.

Klik di sini: Timnas Inggris Bakal Rotasi Kiper

"Tetapi untuk saat ini prioritas utamanya memang dikhususkan untuk PSSI, karena kebutuhannya cukup mendesak. Semua pasti ingin mengetahui berapa kalau ditanya anggarannya, totalnya ada Rp.5 miliar dan separuhnya akan kami berikan untuk PSSI," tambahnya.

"Kapan akan kami kucurkan? Ini hanya masalah teknis saja dan kapanpun bisa dieksekusi. Saya sudah berbicara kepada Joko Driyono untuk memerintahkan staf PSSI dan meminta staf Deputi IV untuk langsung mengatur terkait pengucuran dananya," tutur Gatot.

Klik di sini: Luis Milla Lanjutkan Pemusatan Latihan Timnas Usai Lebaran

Meski mendapat bantuan dana dari Kemenpora, PSSI tetap meminta calon pelatih turut membayar registrasi untuk mengikuti kursus. Tujuannya agar jumlah calon pelatih yang mengikuti kursus tidak terlalu membeludak.

"Kemenpora berharap banyak calon pelatih yang mengikuti program ini. Tapi PSSI secara khusus meminta supaya calon pelatih ini tidak serta merta gratis dibantu oleh Kemenpora," sambungnya. 

"Sebab untuk ikut berpartisipasi harus bayar. Kalau tidak bayar pasti banyak yang ikut, tetapi untuk berapanya nanti akan ada dari Kemenpora yang menetapkannya," kata Gatot.

Rinciannya Rp250 juta adalah biaya untuk operasional pembiayaan mengikuti kursus kepelatihan. Setiap calon pelatih diharuskan membayar registrasi sebesar Rp5 juta. Misalkan PSSI menetapkan calon pelatih untuk membayar Rp50 juta, maka sisa Rp200 juta akan diperbantukan oleh Kemenpora.

FIFA Pastikan Piala Dunia 2022 Tetap Digelar di Qatar
 


(FIR)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

4 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /