Jumlah Penonton Arema FC Kontra Persija Pecahkan Rekor

Daviq Umar Al Faruq    •    07 Agustus 2018 12:24 WIB
liga indonesia
Jumlah Penonton Arema FC Kontra Persija Pecahkan Rekor
Penonton meluber ke dalam lapangan. (Foto: medcom.id/Daviq Umar)

Malang: Penonton yang hadir pada pertandingan Arema FC kontra Persija Jakarta di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu 5 Agustus 2018 lalu, sebanyak 44.912 orang. Jumlah tersebut memecahkan rekor penonton terbanyak di kandang Arema.

Sebelumnya, rekor dipegang saat pertandingan melawan Persib pada 18 Desember 2016 lalu, yakni dengan 44.807 orang. Menyusul dibawahnya melawan Persib dengan 42.449 penonton (25 Mei 2014) dan melawan Sriwijaya FC dengan 40.002 penonton (24 Februari 2013).

Ketua Panpel Pertandingan Arema FC, Abdul Haris mengatakan, pendapatan Arema dalam laga melawan Persija tersebut sebesar Rp1,5 miliar. Jumlah tersebut juga tercatat sebagai rekor pendapatan terbesar dalam lima tahun terakhir Singo Edan.

"Pendapatan ini adalah rekor terbesar Rp1,5 miliar. Pendapatan ini masih penghasilan kotor, belum dipotong pajak, dan biaya operasional pertandingan, mulai dari pengamanan dan perizinan," katanya.

Baca: Pemain Tertua Piala Dunia Pensiun Bela Negaranya


Tahun ini, penonton terbanyak Arema sebelumnya dipegang saat pertandingan melawan Persib Bandung pada putaran pertama Liga Indonesia 1 2018 yakni sekitar 31.500 penonton. Namun, rekor tersebut terkalahkan dengan pertandingan melawan Persija.

Haris menjelaskan, banyaknya penonton yang hadir tak lepas dari peran Jakmania, suporter Persija. Sebab, pihak panpel pertandingan memberi kuota sebanyak 10 ribu lembar tiket untuk Jakmania yang diketahui berteman dengan Aremania, suporter Arema.

"Kuota 10 ribu itu juga membuat antusiasme Aremania datang lebih banyak karena kedua suporter ini memiliki hubungan baik," pungkasnya 

Pada pertandingan ini, terdapat tiga kategori tiket. Yakni tiket ekonomi seharga Rp40 ribu, tiket VIP Rp150 ribu dan tiket VVIP Rp200 ribu. 

Sementara itu, Arema FC terancam mendapatkan sanksi dari komisi disiplin (Komdis) PSSI karena pada pertandingan ribuan suporter meluber hingga ke pinggir lapangan. Akibatnya, kick off ditunda selama sekitar 22 menit. 

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Tim Perahu Naga Optimis Sumbang Emas


(ASM)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

6 hours Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /