Polemik Pengaturan Skor

Besok, Bendahara PSSI Diperiksa Satgas Antimafia Bola

   •    07 Januari 2019 17:43 WIB
liga 1 indonesiaPengaturan Skor Sepak Bola
Besok, Bendahara PSSI Diperiksa Satgas Antimafia Bola
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: medcom.id/Vallentina Chelsy)

Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola terus melakukan penyelidikan untuk membasmi skandal pengaturan skor di Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan adalah memanggil kembali Bendahara PSSI Berlinton Siahaan pada Selasa, 8 Januari 2019.

"Kami akan melayangkan panggilan terhadap Bendahara PSSI yang akan kita mintai keterangan sebagai saksi pada hari Selasa." ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono kepada wartawan, Senin 7 Januari 2019.

Pemanggilan Berlinton terkait dengan penyelidikan kasus pengaturan skor sepak bola di Indonesia. Pemeriksaan Dirut PT Liga Indonesia Baru ini merupakan kali ketiga, setelah sebelumnya dipanggil pada 28 Desember 2018 lalu. 

Selain pemanggilan Berlinton selaku bendahara PSSI, Argo menyebutkan belum ada rencana untuk memanggil saksi lainnya. "Belum ada, sementara itu (Berlinton) dulu," ujarnya.

Sebelumnya, Satgas Antimafia Bola menerima laporan dari manajer klub Persibara Banjarnegara Lasmi Indaryani terkait dugaan pengaturan skor. Laporan itu terkait adanya sejumlah pihak yang meminta uang agar salah satu tim bisa naik dari Liga 3 ke Liga 2.

Baca: Klarifikasi PSS Sleman Terkait Tudingan Terlibat Pengaturan Skor


"Setelah dilakukan klarifikasi terhadap saksi-saksi dan setelah dilaksanakan mekanisme gelar perkara maka pada 24 Desember 2018 telah dinaikkan ke penyidikan," kata Argo dalam keterangannya, Rabu, 26 Desember 2018.

Laporan Lasmi itu teregistrasi dengan nomor LP/6990/XII/2018/PMJ/Dit Reskrimum, tanggal 19 Desember 2018. Lasmi melaporkan Anik Yuni dan Priyanto. Keduanya dilaporkan melanggar Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP dan/atau UU RI Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan/atau Pasal 3, 4, 5 UU RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. (Vallentina Chelsy)

Video: Persija Datangkan Bruno Matos


(ASM)