Piala AFF 2016

Hitung-hitungan Dubes RI terkait Peluang Indonesia di Piala AFF

A. Firdaus    •    23 November 2016 19:00 WIB
timnas indonesia
Hitung-hitungan Dubes RI terkait Peluang Indonesia di Piala AFF
Para pemain timnas Indonesia saat menjalani latihan usai melawan Filipina di Rizal Memorial Stadium (Foto: Wahyu Putro/Antara)

Metrotvnews.com, Makati City: Indonesia gagal mempermalukan Filipina pada laga kedua grup A Piala AFF 2016, setelah hanya bermain 1-1 pada Selasa 22 November. Alhasil skuat asuhan Alfred Riedl harus berada di posisi juru kunci dengan baru mengoleksi satu poin.

Berbicara peluang, Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina, Jonhy Lumintang mengklaim peluang timnas Merah Putih di Piala AFF masih cukup terbuka, meski lawan yang dihadapi adalah Singapura yang merupakan pemegang empat kali trofi Piala AFF.

Klik juga: Riedl Cermati Permainan Defensif Singapura

"Kalau kita melihat hitung-hitungan secara matematika, kita kan kalah 2-4 (melawan Thailand), dan Singapura kalah 0-1. Tapi itu kan enggak bisa dijadikan patokan. Kalau saya boleh melihat sebenarnya kita masih ada kesempatan," ujar Lumintang. Lebih lanjut, Lumintang juga menganggap permainan Filipina tak terlalu spesial saat menghadapi Indonesia. Dia hanya menyayangkan dua tendangan dari Andik Vermansyah membentur tiang membuat pertandingan belum berpihak pada Indonesia.

"Dua kali kena tiang, satu tiang atas satu tiang bawah, dan kipernya mereka juga kebetulan sangat bagus. Jadi untuk ini saya kira kalau kekuatan kemarin saya lihat berimbang, sayangnya nasib belum ada di kita," tegasnya.

Piala AFF kali ini merupakan ajang resmi perdana usai Indonesia disanksi FIFA. Boaz Solossa dan kawan-kawan tampil cukup impresif, namun hal itu menurut Lumintang kalau Indonesia tak boleh puas dengan lepasnya sanksi tersebut.

Klik juga: Ketika Piala AFF 2016 Jadi Hiburan Berharga WNI di Filipina

"Tapi kita nggak boleh boleh puas dengan yang sudah ada sekarang, karena kalau kita cepat puas ya tidak akan ada kemajuan. Kita harus berjuang, berlatih dan berlatih, dan sekali lagi kekompakan juga harus ada di dalam organisasi," tandasnya.

Video Timnas Indonesia Masih Punya Peluang saat Lawan Singapura
 


(ACF)

Video /