Jelang laga fase grup A Piala AFF: Indonesia vs Filipina

Duel Antar Lini Indonesia vs Filipina

A. Firdaus    •    22 November 2016 13:08 WIB
timnas indonesiapiala aff
Duel Antar Lini Indonesia vs Filipina
Striker timnas Indonesia Boaz Solossa melakukan selebrasi usai menjebol gawang Thailand (Foto: Maulana Surya/Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia akan bentrok dengan tuan rumah Filipina pada laga kedua grup A Piala AFF, Selasa 22 November malam nanti. Kedua klub punya modal negatif menjelang laga yang berlangsung di Philippine Sports Stadium ini.

Kedua tim membutuhkan kemenangan, setelah gagal merebut tiga poin dari lawan-lawannya. Indonesia takluk 2-4 dari Thailand, sementara Filipina hanya bermain imbang tanpa gol oleh Singapura yang bermain 10 pemain sejak menit ke-34.

Klik juga: Stefano Lilipaly Ingin Melangkah Sejauh Mungkin

Tentu kekecewaan sempat menggelayuti kedua pelatih. Meski demikian baik Alfred Riedl, maupun Thomas Dooley coba melupakan laga pahit itu dan menatap ke pertandingan yang menentukan ini.

Kedua pelatih juga akan menurunkan skuat terbaiknya. Lalu siapa saja yang akan menjadi andalan dari Riedl dan Dooley pada laga nanti. Berikut kemungkinan duel yang terjadi pada laga Indonesia kontra Filipina:

Kiper: Kurnia Meiga vs Roland Mueller

Meiga dipastikan akan kembali menjadi pilihan Riedl, meski pada laga melawan Thailand lalu kiper Arema Cronus tersebut bermain buruk. Faktor lawan yang mengandalkan umpan-umpan lambung serta berpostur tinggi menjadi alasan pelatih Austria tersebut menurunkan suami dari Azhiera Adzka Fathir ini.

Seperti halnya Meiga, Mueller juga akan kembali dipasang oleh pelatih Filipina, Thomas Dooley. Bedanya, permainan kiper berdarah Jerman ini begitu apik menahan gempuran para pemain Singapura, pada Sabtu 19 November lalu.

Bek: Fachruddin Wahyudi vs Amani Aguinaldo

Setelah Yanto Basna tampil buruk ketika menghadapi Thailand, Riedl kini bertumpu pada seorang Fachruddin. Memiliki postur 195 cm, pemain Sriwijaya FC ini jelas menjadi andalan Riedl untuk mengantisipasi permainan umpan lambung yang diterapkan tuan rumah.

Aguinaldo menjadi andalan di lini belakang Filipina yang menerapkan formasi empat bek. Penampilan impresif telah dibuktikan ketika mampu menahan gempuran para pemain Singapura. Kini Aguinaldo juga akan menjadi andalan Dooley dalam mengawal Boaz Solossa.

Gelandang: Evan Dimas vs Stephan Schrock

Adu kreativitas bakal terjadi di lini tengah. Di sini Riedl bakal mengandalkan Evan Dimas, yang berencana akan memainkannya sejak awal lantaran sudah dalam kondisi fit. Umpan-umpan dari kaki jebolan pemain timnas U-19 ini, diharapkan akan memanjakan lini depan timnas, yang diisi Boaz Solossa dan Lerby Eliandry.

Bukan Phillip Younghusband yang harus diwaspadai timnas Indonesia ketika menghadapi Filipina, melainkan Stephan Shrock. Mantan gelandang Hoffenheim ini kerap kali mengirimkan tembakan dari luar kotak penalti. Itu menjadi senjata alternatif Dooley, ketika timnya gagal menjebol gawang lawan dari umpan silang.

Penyerang: Boaz Solossa vs Misagh Bahadoran

Posisi Boaz Solossa di lini depan timnas Indonesia sudah tak diragukan lagi. Selain memiliki pengalaman, akselerasinya dalam mengacak-acak pertahanan lawan menjadi kekuatan yang harus diwaspadai para bek Filipina.

Klik juga: Peluang Timnas Garuda 50 - 50

Dibandingkan dengan Manuel Ott, Misagh Bahadoran lebih cenderung diandalkan dalam menjebol gawang lawan. Tercatat pada ajang kualifikasi Piala Dunia lalu, ia telah menciptakan tiga gol. Meski pada saat melawan Singapura ia gagal mencetak gol, Dooley berharap manuver Bahadoran akan merepotkan lini belakang Indonesia.

Video PSSI Janjikan Bonus untuk Timnas Indonesia
 


(ASM)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

15 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /