Regulasi 5 Pergantian pemain di Liga 2017

PSM Salah Paham Soal Aturan Pergantian Pemain

Andi Aan Pranata    •    17 April 2017 14:56 WIB
liga 1 indonesia 2017
PSM Salah Paham Soal Aturan Pergantian Pemain
Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Albert (tengah) saat menghadiri konferensi pers usai pertandingan kontra Persela Lamongan (Foto: MTVN/Andi Aan Pranata)

Metrotvnews.com, Makassar: Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts mempertanyakan aturan lima pergantian pemain yang diterapkan pada kompetisi Liga 1 Indonesia. Dia menyayangkan karena timnya tidak dapat menggunakan semua kesempatan, saat menang 3-1 atas Persela Lamongan di Makassar, Minggu malam 16 April 2017.

Pada pertandingan tersebut, PSM tidak bisa memasukkan pemain Belanda, Marc Klok dari bangku cadangan karena komisi pertandingan menyatakan jatah pergantian pemain sudah habis. Sebelumnya Juku Eja telah memasukkan tiga pemain pengganti, yakni Rizky Pellu, Fathul Rachman, dan Ferdinan Sinaga.

Robert menyangka timnya masih punya dua pergantian pemain. Namun nyatanya, pergantian yang tersisa hanya bisa digunakan untuk sesama pemain di bawah usia 23 tahun.

"Saya berkali-kali menanyakan soal ini kepada asisten saya. Mereka bilang aturannya sama dengan Piala Presiden, yakni lima pergantian. Tapi kenyataannya berbeda," kata Robert pada konferensi pers usai pertandingan.
 

Baca: Libas Persela, PSM Puncaki Klasemen


Robert menyatakan kesalahpaman ini berdampak pada strategi tim. Terutama pada babak kedua. "Kami punya rencana. Kami pikir masih ada pergantian tersisa, karena itu yang diberitahukan kepada saya." ujar Robert.

"Tidak ada yang bisa menjelaskan soal ini kepada saya. Komisi pertandingan pun tidak," dia melanjutkan.

Kemenangan PSM atas Persela berbuah tiga angka yang membawa mereka ke puncak klasemen sementara. Robert menyatakan timnya bisa mencetak lebih banyak gol pada pertandingan itu. Tapi sejumlah kesempatan gagal dimaksimalkan.

"Saat unggul tiga gol, kami juga memilih bermain lebih taktis," katanya.
 

Baca juga: Aksi Perdana Peter Odemwingie Memuaskan Pelatih


Terpisah, pelatih Persela Lamongan Heri Kiswanto mengaku tidak terlalu kecewa dengan hasil ini. Dia cukup puas dengan penampilan para pemainnya di lapangan.

"Yang harus jadi koreksi adalah lini belakang kami. Harus ada perbaikan, tegasnya."

Ya, lini belakang memang harus segera dibenahi kubu Persela. Sebab, di pekan kedua nanti, mereka akan menjamu lawan yang tidak kalah sulit, yakni Madura United di Stadion Surajaya, Jumat 21 April. Sementara itu, PSM harus bertamu ke kandang Mitra Kukar pada Senin 24 April 2017.

Video: Madura United dan Persija Raih Kemenangan di Laga Perdana Liga 1
 


(ACF)

Sejumlah Transfer Pemain di Liga Eropa

Sejumlah Transfer Pemain di Liga Eropa

20 minutes Ago

Juventus selangkah lagi mendapatkan striker muda Republik Ceko Patrik Schick dan turut mendapat…

BERITA LAINNYA
Video /