Cara PSSI Jatim Munculkan Bibit Baru Sepak Bola

Amaluddin    •    04 Mei 2017 20:29 WIB
pembinaan sepakbola
Cara PSSI Jatim Munculkan Bibit Baru Sepak Bola
Suasana pertandingan di Liga Remaja PSSI tahun 2006 (Foto: FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo)

Metrotvnews.com, Surabaya: Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Timur menggelar Kompetisi Liga 3 Jatim. Kompetisi itu digelar bertujuan untuk melakukan pembinaan pemain-pemain usia muda maupun klub dengan cara menambah pengalaman bertanding.

"Jadi kami (PSSI Jatim, red) saat ini fokus melakukan pembinaan pemain-pemain muda. Dengan banyaknya pengalaman bermain, maka mental pemain muda bisa terbentuk dengan bagus," kata Sekretaris Umum PSSI Jatim, Amir Burhanuddin, dikonfirmasi, Kamis, 4 Mei 2017.

Menurut Amir, Kompetisi Liga 3 Jatim U-15 dan U-17 itu tidak hanya diikuti klub internal milik PSSI kabupaten/kota di Jatim saja. Klub-klub sepak bola amatir hingga sepak bola sekolah juga ikut dalam kompetisi tersebut. "Para juara kelompok umur itu nanti akan bertanding di tingkat provinsi, kemudian juara di provinsi akan dipertandingkan secara nasional," ujarnya.
 

Baca: IJSL 2017, Membentuk Pemain yang Tepat Lewat Kompetisi Usia Dini


Sebagai induk olahraga sepak bola di tingkat provinsi, kata Amir,  pihaknya merasa memiliki tanggung jawab sekaligus menciptakan pemain agar beberapa tahun ke depan semakin terasah mentalnya dan menjadi pemain profesional di klub maupun Tim Nasional.

"Pertandingan dan kompetisi untuk membentuk karakter maupun menjadikan pemain semakin berbakat. Mereka butuh pengalaman bertanding dan ini adalah media pemantauan bakat oleh PSSI," jelasnya.
 

Baca juga: Cerita Rully Nere Ketika Membentuk Timnas Wanita U-15


Saat ini, lanjut dia, terdapat tiga pemain asal Jatim yang menghuni skuat Timnas U-17, kemudian tiga pemain lainnya termasuk dalam Timnas U-19. Belum lagi pemain-pemain profesional yang berada di Timnas U-22 maupun Timnas senior, seperti Evan Dimas Darmono, Hansamu Yama, hingga Andik Vermansyah.

Karena itu, Amir yakin adanya kompetisi bisa muncul bibit-bibit pemain baru. Ia berharap pemain-pemain muda terinspirasi pemain senior yang kini sukses di lapangan hijau. "Pemain-pemain itu tidak muncul karena satu-dua pertandingan saja, melainkan seringnya bertanding yang menyebabkan kecerdasan maupun bakatnya semakin terbentuk," tukas pria yang juga pengacara tersebut.

Video: ?Preview Celta Vigo vs Manchester United
 


(ACF)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /