Jawaban PT LIB soal Problem KITAS Pemain di Liga 1

A. Firdaus    •    18 April 2017 21:11 WIB
liga indonesia
Jawaban PT LIB soal Problem KITAS Pemain di Liga 1
Michael Essien saat latihan bersama Persib (MTVN - Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Liga 1 Indonesia 2017 baru bergulir satu pekan. Namun beragam permasalahan sudah menghantam kompetisi trertinggi sepak bola di tanah air itu. Terbaru, klub-klub Liga 1 bermasalah soal Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) pemain.

Sejumlah pemain asing klub ternyata belum memiliki KITAS. Salah satunya adalah Michael Essien dan Carlton Cole yang kini membela Persib Bandung.

Operator Liga 1 PT Liga Indonesia Baru (LIB) sadar KITAS menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemain. Menurut PT LIB, sejauh ini permasalahan sudah masuk proses penyelesaian.

"Salah satu persyaratan sah untuk memainkan pemain asing adalah izin KITAS. Sejauh ini, beberapa dari klub-klub yang memiliki marquee player masih dalam proses untuk mendapatkan KITAS," ujar CEO PT LIB Risha Adi Wijaya kepada Metrotvnews.com, Selasa (18/4/2017).

"Kemarin kami memperbolehkan para pemain asing untuk bermain di Liga 1. Sampai detik ini kami juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mencari jalan keluar agar pertandingan terus berjalan. Hal ini dilakukan agar pemain tidak merugikan klub klub yang sudah memberikan gaji," terangnya.

Sebelumnya, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) sudah melontarkan kekecawaan kepada PT LIB lantaran tetap memberikan izin pemain bertanding walau belum mendapatkan KITAS. Balasan PT LIB cukup tegas. Mereka menegaskan  izin KITAS tak cukup selesai dalam waktu sehari atau dua hari. Alhasil, mereka tetap membiarkan pemain asing tampil di laga perdana Liga 1.

"PT LIB menyadari berkas-berkas ada yang kurang. Toh pembukaan pendaftaran khusus pemain asing dibuka 1-30 April. Sebenarnya kami juga menyadari dan mencari jalan keluar untuk kebaikan bersama," lanjutnya.

"BOPI sebenarnya sudah memberitahukan agar klub tak boleh memainkan dulu pemain yang belum memiliki KITAS. Di peraturan itu sangat jelas. Tapi kami juga menyadari mereka berstatus marquee player. Artinya, mereka punya efek cukup luas, baik dari sisi komersial maupun publikasi," tegas Risha.

"Kami masih dalam proses untuk mencari solusi terbaik.  Kami melihat dari sisi keolahragaan. Urusan deportasi pemain bukan ranah kami," tutupnya.

Awalnya, ada indikasi Essien dan Cole tidak akan memperkuat Persib melawan Arema FC pada Sabtu 15 April. Namun pada kenyataannya, kedua pemain tetap tampil walau belum memiliki KITAS. 

 


(HIL)

Data & Fakta Menarik Real Madrid vs Atletico Madrid
Semifinal Liga Champions 2016--2017

Data & Fakta Menarik Real Madrid vs Atletico Madrid

2 days Ago

Madrid selalu mampu melewati hadangan Atletico dalam empat kali bentrok di pentas Eropa.…

BERITA LAINNYA
Video /