Kamboja vs Indonesia

Indonesia Permalukan Kamboja Lewat Laga Persahabatan

Kautsar Halim    •    08 Juni 2017 21:31 WIB
timnas indonesia
Indonesia Permalukan Kamboja Lewat Laga Persahabatan
Suporter Indonesia mendukung Timnas Indonesia ketika melawan Kamboja dalam pertandingan putaran I Sepak Bola SEA Games ke-28. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Phnom Penh: Indonesia berhasil menaklukkan Kamboja pada laga persahabatan internasional yang berlangsung di Phnom Penh National Olympic Stadium, Kamis 8 Juni. Kemenangan tim besutan Luis Milla itu diraih dengan skor, 2-0.

Tidak mudah bagi Indonesia untuk meraih kemenangan. Pasalnya, Kamboja berhasil mendominasi penguasaan bola dan sering merepotkan lini pertahanan Indonesia. Selain itu, para pemain Kamboja juga memiliki kecepatan yang cukup baik.

Secara keseluruhan, permainan Indonesia dan Kamboja tidak terlalu berbeda. Keduanya sama-sama tampil terbuka dan jarang memiliki peluang yang berasal dari skema yang baik. Beruntung, Indonesia masih lebih baik dalam hal penyelesaian akhir.


Klik: Irfan Bachdim Bawa Indonesia Unggul Sementara atas Kamboja


Gol pembuka Indonesia dicetak Irfan Bachdim pada menit ke-26. Gol itu tercipta setelah Irfan mencuri bola salah satu bek Kamboja. Kiper Kamboja, Sou Yati, tampak tak berdaya ketika Irfan mengarahkan bola ke sudut sempit sisi kanan gawangnya.

Menginjak menit ke-34, giliran Kamboja yang berhasil membahayakan gawang Indonesia lewat Khuon Laboravy. Namun, gol balasan tak kunjung tercipta lantaran tendangan Laboravy terlalu lemah dan membentur kaki salah satu bek Indonesia.

Intensitas pertandingan makin meninggi menjelang babak pertama berakhir. Para pemain dari kedua tim saling melakukan pelanggaran dan memaksa wasit mengeluarkan tujuh kartu kuning yang empat di antaranya diperuntukkan bagi para penggawa Indonesia.
 

Klik: Gagal di Toulon Cup, Indra Sjafri yakin Kekuatan Timnas Setara


Ritme permainan menurun ketika memainkan babak kedua. Indonesia yang unggul 1-0 lebih lebih memilih tampil bertahan sambil memanfaatkan serangan-serangan balik. Kondisi ini tidak disia-siakan Kamboja dengan mengurung pertahanan lawan.

Berusaha keluar dari tekanan, pelatih Indonesia Luis Milla memutuskan untuk mengganti Irfan Bachdim dengan Yabes Roni pada menit ke-69. Pergantian pemain itu terbukti jitu karena Yabes membuat permainan Indonesia kembali agresif.

Agresivitas itu tidak langsung menguntungkan Indonesia. Pasalnya, Yabes malah membuat hidung Adam Alis berdarah ketika berebut bola tendangan sudut. Imbas cedera tersebut, Adam langsung digantikan Gian Zola.

Masuknya Zola berhasil menjadi penentu kemenangan Indonesia menjadi 2-0. Gol tambahan itu baru ia ciptakan setelah menerima assist Hanif Abdurrauf pada menit 90+5. Kiper Kamboja dibuat kembali tak berdaya dengan sebuah tendangan datar Zola.

Tidak ada yang bisa dilakukan Kamboja ketika kembali tertinggal dalam waktu yang begitu mepet. Lagipula wasit juga langsung meniup peluit berakhirnya laga ketika kickoff dilakukan. Skor 2-0 untuk kemenangan untuk Indonesia berhak didapat Indonesia.

Ini merupakan kemenangan pertama Indonesia ketika ditangani Luis Milla sejak awal 2017. Sebelumnya, Indonesia pernah menghadapi Myanmar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor pada Maret lalu. Namun saat itu, Indonesia dipermalukan dengan skor, 1-3.

Ketika menghadapi Kamboja, Indonesia memang tidak sepenuhnya diperkuat oleh pemain timnas U-22. Pasalnya terdapat lima penggawa senior yang ikut dibawa dan dimainkan, yakni Kurnia Meiga, Fachruddin Wahyudi, Bayu Pradana, Adam Alis dan Irfan Bachdim.

Susunan Pemain

Kamboja: Sou Yaty, Nen Sotearoth, Soeuy Visal, Chhin Chhoeun, Tith Dina, Chan Vathanaka, Hoy Phallin, Chrenrng Polroth, Khuon Laboravy, Prak Mony Udom, Nub Tola.

Indonesia: Hermansyah, Aryanto, Fajrin, Nugroho, Bachdim, Pradana, Hargianto, Adsit, Haryadi, Ramdani, Wanewar.

 


(KAU)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

15 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /