Pencarian Sekjen PSSI

30 Orang Resmi Mendaftar sebagai Sekjen PSSI

Krisna Octavianus    •    20 Mei 2017 14:54 WIB
pssi
30 Orang Resmi Mendaftar sebagai Sekjen PSSI
Edy Rahmayadi. (Foto: Ant/ Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kursi sekretaris jenderal (Sekjen) PSSI yang sedang lowong saat ini akan diperebutkan oleh 30 orang yang sudah resmi mendaftar. Mereka akan menjalani serangkaian tes sebelum akhirnya terpiih satu orang untuk menjadi Sekjen PSSI yang baru.

Sudah sebulan lebih kursi Sekjen PSSI lowong pasca ditinggal Ade Wellington yang mengundurkan diri. Saat ini kursi Sekjen PSSI ditempati oleh Joko Driyono yang bertugas sebagai pelaksana tugas (Plt).

Pendaftaran untuk  menjadi pengganti Ade Wellington telah ditutup dan ada 30 orang yang siap berebut menjadi sekretaris bagi Edy Rahmayadi. Dari 30 pelamar, tak semua berlatar belakang sepak bola. Macam-macam jenis profesi sejak awal memang diperbolehkan untuk melamar karena Sekjen PSSI diperuntukkan bagi profesional.

BACA: Kriteria Sekjen PSSI versi Edy Rahmayadi 

Salah satu yang menarik ketika muncul satu nama asing yang tertarik menjadi Sekjen PSSI, yakni Carlos Melgares Varon. Pria kelahiran Granada, Spanyol ini sedang menjabat sebagai Direktur PT UCAM Indonesia, yang bergerak di bidang pelatihan bahasa Spanyol. Bagi PSSI, tak masalah orang asing mendaftar sebagai Sekjen.

Mungkin ada satu nama yang saat ini tak asing bagi pencinta sepak bola Indonesia. Ia adalah Ratu Tisha. Wanita lulusan SMAN 8 Jakarta ini tengah menjabat Chief of League Enterprise PT. Liga Indonesia Baru (PT LIB). Sebelumnya ia adalah Direktur Kompetisi PT Gelora Trisula Semesta yang menyelenggraka Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

Seluruh peserta yang sudah mendaftar akan mengikuti serangkaian tes. Pertama, ada psikotes pada Senin 22 Mei, diikuti dengan tes kesehatan pada Selasa 23 Mei. Bagi peserta yang lolos dalam dua tes awal akan Sedangkan di hari Rabu (24/05) seluruh kandidat yang sudah menjalani tes kesehatan, akan mengikuti tes kompetensi dengan dua uji materi. Pertama, adalah simulasi Leaderless Group Discussion yang materinya juga akan disampaikan oleh Dinas Psikologi Angkatan Darat. Sementara itu, materi kedua adalah uji kompetensi teknis dengan cara interview oleh jajaran Executive Committee PSSI. 

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi menyampaikan: "Kami mengundang seluruh pihak yang sudah melamar posisi Sekjen PSSI untuk mengikuti psikotes yang akan berlangsung Senin 22 Mei di kantor PSSI."

"Kenapa kami membuka ini? Untuk menyampaikan kepada publik bahwa posisi sekjen PSSI bukan hanya hak prerogatif saya sebagai ketua umum PSSI. Saya ingin memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pihak yang berkompeten untuk mengisi posisi ini dan memajukan sepakbola Indonesia bersama-sama," lanjutnya.

"Apa kriteria seorang sekjen PSSI? Pertama tentu ia harus memiliki pengalaman dan pemahaman yang mendalam tentang dunia sepak bola. Kedua, ia harus memiliki leadership dan kemampuan manajerial yang cakap. Ketiga, berwawasan internasional karena sekjen harus membina hubungan yang baik dengan AFC dan FIFA.” pungkasnya.

Berikut 30 nama calon Sekjen PSSI:

1. H. Eddy Sofyan
2. Tri Dharma Nur Patria
3. Ratu Tisha
4. Hifni Hasan, SH, MH
5. Ainul Ridha
6. H. Hendri Zainuddin, S.Ag., S.H.
7. Ahmad Hudaya, S.H.
8. Drs. Supartono, M.Pd.
9. Irman Jayawardhana, S.E., M.Sc.
10. H. Hasan Basri, S.H., M.H.
11. T. Alvin Papatria
12. Elim Prastowo, S.Pd
13. Dwi Prasetya Danarjati, S.Psi., M.Pd.
14. Carlos Melgares Varon
15. Bukhari Syam
16. Ahmad Ihsan
17. R. Erwin Permadi Wiradipoetra
18. Rudolf Paulus Yesayas, SE
19. Zulfa Asma Vikra, S.H., M.H.
20. Elsya Putri Adiyanti
21. Sarman
22. Asmar Y. Notosoetardjo
23. Muhammad Zein, S.H., M.A.
24. Dr. H. Muhammad Ade Sulchi, SE., MM
25. Dr. Drs. Harry Indradjit Soeharjono, S.E., Ak., M.M., CA
26. Drs. Soritaon Siregar, M.Soc. Sc., CRMP, PFM
27. Alief Syachviar, S.Sos.
28. Adrian Bima Putera
29. Rahadian Gema Fabolista
30. Budi Hartanto SST, Ak., CA, CPA





(KRS)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /