Persib 0-1 Bhayangkara FC

Dibungkam Juara Bertahan, Persib Gagal Naik ke Papan Atas

Achmad Firdaus    •    31 Mei 2018 23:56 WIB
persib bandung liga 1 indonesia
Dibungkam Juara Bertahan, Persib Gagal Naik ke Papan Atas
Striker Persib Jonathan Bauman mendapat kawalan ketat bek Bhayangkara FC Vladimir Vujovic. Persib harus takluk 0-1 dari BFC (Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Bandung: Persib Bandung gagal melanjutkan tren positifnya kala menjamu juara bertahan, Bhayangkara FC (BFC) pada lanjutan Liga 1 2018, Kamis 31 Mei 2018. Maung Bandung harus takluk dengan skor tipis 0-1.

Menjamu BFC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Persib cukup percaya diri meraup poin penuh menyusul hasil apik mereka yang tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir.

Tanpa diperkuat mesin golnya Ezechiel N'douassel yang harus menjalani sanksi akumulasi kartu, Persib tetap mengusung strategi menyerang. Pelatih Roberto Carlos Mario Gomez menurunkan Airlangga Sucipto sebagai pengganti Ezechiel.
 

Baca: Zidane Resmi Mundur sebagai Pelatih Real Madrid


Namun, Ronggo -sapaan akrab Airlangga- tidak bermain sebagai striker utama. Ia ditempatkan di posisi sayap bersama dengan Billy Keraf untuk menyokong kinerja Jonathan Bauman sebagai target man.

Persib tampil cukup dominan di babak pertama. Beberapa peluang pun sempat diciptakan anak-anak Maung Bandung yang mengincar kemenangan demi bisa merangsek ke papan atas. Sayang, upaya Dedi Kusnandar dan In Kyun Oh masih belum menemui sasaran. Pun demikian dengan kubu BFC yang terlihat lebih banyak menunggu di babak pertama ini. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk babak kedua, Persib membuka peluang lewat tendangan jarak jauh Ghozali Siregar yang masih tipis di atas mistar gawang Wahyu Tri Nugroho.

Di tengah dominasinya, Persib justru dikejutkan lewat gol BFC pada menit ke-55. Berawal dari sepak pojok, kemelut terjadi di mulut gawang Persib dan pada akhirnya bola mengenai tubuh Bauman sebelum masuk ke gawang.

Gol bunuh diri Bauman memaksa Gomez melakukan perubahan taktik. Henhen ditarik keluar dan digantikan Tony Sucipto pada menit ke-62, lalu disusul masuknya Agung Mulyadi untuk menggantikan Billy Keraf semenit berselang. Terakhir, Gomez memasukkan Gian Zola untuk menggantikan Airlangga.

Di lain kubu, Bhayangkara FC mulai bermain defensif, terutama setelah kehilangan Marinus yang mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-64.
 

Baca juga: Derby County, Klub Pertama yang Dilatih Lampard


Unggul jumlah pemain, Persib semakin gencar membombardir pertahanan BFC. Sayangnya, mereka terlihat kesulitan menembus ketatnya lini belakang BFC yang dikomandoi mantan bek Persib, Vladimir Vujovic. Upaya tendangan jarak jauh menjadi salah satu opsi yang kemudian diandalkan para pemain Persib.

Sialnya, upaya tersebut tidak cukup ampuh untuk mengoyak jawa gawang BFC. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga, skor 0-1 untuk keunggulan BFC tetap bertahan.

Akibat kekalahan ini, Persib harus menunda harapannya naik ke papan atas klasemen sementara Liga 1 2018. Skuat Pangeran Biru masih tertahan di papan tengah, tepatnya di posisi delapan dengan 15 poin. Persib tertinggal satu poin dari BFC yang berada tepat di atasnya dengan koleksi tujuh poin.

Line-up Pemain:
Persib Bandung:
M. Mahbuby, B. Malisic, Wildansyah, Oh In-Kyun, Henhen, A. Idrus, D. Kusnandar, B. Keraf, A. Sucipto, G. Siregar, J. Bauman.

Bhayangkara FC: W. Nugroho, V. Vujovic, M. Rochman, N. Haris, Lee Yoo-Joon, W. Subo, S. Fauzi, Paulo Sergio, H. Epandi, J. Mulyana, M. Wanewar.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Menanti "Efek" Pemain Senior di Skuat U-23



(ACF)