Jelang Kongres PSSI 2016

Menpora Rekomendasikan Kongres di Yogya, PSSI DIY Pilih Pasif

Ahmad Mustaqim    •    12 September 2016 21:18 WIB
kongres pssi
Menpora Rekomendasikan Kongres di Yogya, PSSI DIY Pilih Pasif
Kantor PSSI Jakarta (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi telah merekomendasikan agar Kongres PSSI untuk memilih Ketua Umum baru digelar di Yogykarta pada 17 Oktober mendatang. Kendati demikian, PSSI DIY memilih pasif dengan rekomendasi tersebut.

Ketua Umum PSSI DIY, Hadianto Ismangoen menyampaikan, organisasinya tidak akan mengambil tindakan selagi PSSI tak menyurati secara resmi. Menurut dia, organisasinya bersedia menjadi pelaksana jika memperoleh mandat itu.

"Karena secara garis organisasi dan tanggung jawab, kita di bawah PSSI, bukan Kemenpora," ujar Hadianto melalui sambungan telepon, Senin (12/9/2016).

Sekretaris Umum PSSI DIY, Dwi Irianto mengatakan Makassar masih menjadi tempat kongres karena merupakan keputusan PSSI Pusat. Ia menganggap, hal itu bisa saja batal jika ada beragam aspek, seperti tak memperoleh izin rekomendasi keamanan atau jika Komite Eksekutif (Executive Commite/Exco) membatalkan keputusan itu.  

Dwi mengaku sampai saat ini belum mengetahui pula kepastian izin Kongres PSSI di Makassar. "Ketika itu terjadi (tidak ada izin pelaksanaan kongres) maka bisa dianulir. Yang menganulir ya rapat Exco PSSI," ucapnya.

Pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, mengeluarkan surat rekomendasi tertanggal 9 September dengan nomor S.2844/MENPORA/IX/2016 dan ditandatangani oleh Menpora Imam Nahrawi. Surat rekomendasi itu berisi Kongres PSSI harus dilaksanakan di Yogyakarta. Hal ini berbeda dengan hasil penetapan pengurus PSSI bahwa kongres dilakukan di Makassar.


(KRS)

Video /