Piala AFF U-15 2017

Ditaklukkan Australia, Timnas U-16 Tersingkir dari Piala AFF

Achmad Firdaus    •    13 Juli 2017 20:49 WIB
piala aff u-15
Ditaklukkan Australia, Timnas U-16 Tersingkir dari Piala AFF
Pemain Timnas U-16 Indonesia, Rendy Juliansyah saat mempertahankan bola dari pemain Singapura di laga uji coba (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Chonburi: Harapan Timnas Indonesia U-16 untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF U-15 2017 harus pupus. Skuat Garuda Asia dipastikan tersingkir usai kalah 3-7 dari Australia di pertandingan ketiga penyisihan Grup A, Kamis 13 Juli 2017.

Menghadapi Australia yang berstatus juara bertahan di IPE Chonburi Campus Stadium, Brylian Aldama dan kawan-kawan dituntut harus menang untuk bisa membuka peluang lolos ke babak selanjutnya. Hal ini tidak lepas dari hasil imbang melawan Myanmar dan kalah dari Thailand di pertandingan sebelumnya.

Indonesia sempat membuka asa setelah berhasil mencetak dua gol hanya dalam kurun waktu empat menit. Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri menjadi aktor utama di balik terciptanya dua gol Indonesia pada menit ke-2 dan empat.

Sayang, keunggulan 2-0 Indonesia tidak bertahan lama. Australia seakan bangun dari tidurnya dan sukses membalas lima gol.
 

Baca: BABAK I: Timnas U-16 Tertinggal Cukup Jauh dari Australia


Aksi individu Trent Ostler pada menit ke-9 menjadi titik awal kebangkitan Australia. Setelah gol tersebut, Ostler memberikan umpan manis atas terciptanya gol Noah Vinko Botic dua menit berselang. Australia menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Kelengahan para pemain Indonesia dalam mengawal pergerakan tanpa bola, mampu dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain Australia untuk merangsek ke kotak penalti. Tiga gol tambahan pun berhasil disarangkan anak-anak asuh Anthony Vidmar di sisa babak pertama. Di antaranya lewat kaki Lachlan James Sepping (14'), gol kedua Botic pada menit ke-30, dan tandukan Birkam Kirdar yang memanfaatkan umpan silang Ostler.

Tertinggal 2-5 di babak pertama, Indonesia menunjukkan permainan yang lebih baik di babak kedua. Mereka nampak cukup mampu mengimbangi permainan Australia dan beberapa kali menciptakan peluang. Sayangnya, gawang Timnas Indonesia harus kembali bobol pada menit ke-54. Australia mencetak gol keenamnya lewat tandukan Ryan Teague yang memanfaatkan sepak pojok.
 

Baca juga: Fakhri Husaini Soroti Permainan Sayap Australia


Tertinggal 2-7, para pemain Indonesia masih semangat mengejar ketertinggalan. Hasilnya, mereka sukses memperkecil ketertinggalan menjadi 3-7 lewat hattrick Bagus Kahfi pada menit ke-62. Namun, dua menit berselang Australia kembali memperbesar keunggulannya lewat pemain pengganti Stephan De Robillard di menit ke-64.

Indonesia sebenarnya memiliki peluang memperkecil ketertinggalannya pada masa injury time setelah mendapat hadiah penalti. Sialnya, David Maulana yang maju sebagai algojo gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Indonesia harus mengakui keunggulan Australia yang menutup laga dengan kemenangan 7-3.

Dengan hasil ini, peluang Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya sudah tertutup lantaran baru mengoleksi satu poin dan menempati peringkat lima. Indonesia tidak mungkin bisa mengejar target finis di dua posisi teratas meski sukses menyapu bersih dua laga tersisa dengan kemenangan.

Adapun, satu tiket lolos dari Grup A sudah digenggam Thailand yang sukses menekuk Laos 2-1. Tim tuan rumah mantap di puncak klasemen dengan 9 poin dari tiga laga. Sementara itu, satu tiket lain akan diperebutkan Myanmar (7), Australia (6) dan Laos yang mengoleksi tiga poin.

Line up pemain:
Australia: Jamie Signorello; Brodie Tahj Boyce, Mark Peter Natta, Thomas Robin Main, Isaac Joseph Hovar; Ryan Teague, Birkan Kirdar, Luke Duzel; Trent Ostler, Lachlan James Sepping, Noah Vinko Botic

Indonesia: Ahludz Dzikri Fikri; Mochammad Yucha Febrian, Ahmad Rusadi, Miftakhul Septa Anjar Pradika, Muhammad Reza Fauzan, Brylian Negiehta Dwiki Aldama, Miftahul Husyen Rahmatullah, David Maulana, Fadilah Nur Rahman, Andre Oktaviansyah, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri.

Video: ?Tim Atletik Indonesia Datangkan Pelatih dari AS
 


(ACF)

Presiden PSG Sebut Transfer Fantastis Neymar Berisiko
Bursa Transfer Pemain

Presiden PSG Sebut Transfer Fantastis Neymar Berisiko

32 minutes Ago

Paris Saint Germain (PSG) disebut-sebut siap memboyong striker Barcelona, Neymar Da Silva. Nila…

BERITA LAINNYA
Video /