Danone Cup 2017

Tujuan Wakil Papua di Final Nasional Danone Cup

Kautsar Halim    •    14 Juli 2017 11:02 WIB
sepak bola
Tujuan Wakil Papua di Final Nasional Danone Cup
Skuat Pikeyro Tribata. (Foto: Mtvn/Kautsar Halim)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ajang sepak bola usia dini, Aqua Danone Nations Cup (AQUADNC) sudah memasuki fase nasional. Sebanyak 16 tim dari seluruh Indonesia akan bersaing pada grup final. 

Salah satu tim yang bakal bersaing ialah Pikeyro Tribata yang berasal dari Wamena, Papua. Pikeyro boleh dibilang merupakan tim paling jauh karena berasal dari wilayah Indonesia paling timur. Perjuangan mereka untuk tiba di Jakarta demi menyambut final nasional sangat luar biasa karena harus melakukan penerbangan sebanyak dua kali.

Sejatinya, Final Nasional AQUADNC dijadwalkan berlangsung selama dua hari (15-16 Juli) di Stadion Pekansari, Cibinong, Bogor. Namun, seluruh peserta sengaja dikumpulkan di Jakarta untuk mengikuti proses pengundian fase grup.

Acara pengundian fase grup Final Nasional AQUADNC berlangsung megah dan meriah di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, pada Kamis 13 Juli. Pikeyro yang dipimpin pelatih Pieter Rumaropen tidak ketinggalan ambil bagian untuk meramaikan acara tersebut sambil mengenakan ikat kepala khas dari daerahnya.

Baca: Ratusan Anak Indonesia Siap Ikuti Final Danone Cup


"Ini luar biasa sekali. Pasalnya, selain Persiwa, ada Pikeyro dari Wamena juga yang pernah ke pulau Jawa. Ini benar-benar seperti mimpi yang jadi kenyataan. Kemudian jangankan ke Jawa, naik pesawat saja kami juga baru pertama kali," kata Pieter Rumaropen usai acara pengundian.

"Kalau terbang dari Wamena ke Jayapura, kami lumayan sering. Tapi, kalau dari dari Wamena ke Jawa benar-benar baru pertama kali. Ini benar-benar luar biasa," tambahnya.

Ditanya soal target, Pieter mengaku tidak ingin menekan anak-anak asuh agar bisa menjadi juara dan merebut satu-satunya tiket final dunia Danon Nations Cup (DNC). Menurutnya, bisa sampai ke final nasional saja sudah merupakan kebanggaan tersendiri.

"Ini pengalaman pertama saya dan anak-anak untuk bisa sampai ke sini. Syukur-syukur bisa sampai perempat final, tapi target kami sebenarnya jangan sampai pulang lebih dulu saja," papar Pieter.

Diterangkan lebih jauh oleh Pieter, anak-anak asuhnya punya tujuan yang lebih penting ketimbang kemenangan di Final Nasional AQUADNC. Misi itu sangatlah sederhana karena hanya berjalan-jalan di ibu kota dan melihat Monumen Nasional (Monas) secara langsung.

Baca: Indra Sjafri: Lawan Tim Eropa Jadi Tolak Ukur


"Justru, tujuan mereka datang ke sini hanya ingin melihat Monas itu seperti apa. Jadi sambil main sepak bola di sini, saya juga akan ajak mereka ke sana untuk melihat-lihat dan mengambil beberapa foto," papar Pieter.

"Tapi sekarang kami masih fokus dengan turnamen. Kegiatan itu rencananya akan dilakukan sebelum pulang ke Papua atau setelah semua kegiatan yang menyangkut turnamen selesai dilakukan," tambahnya menutup.

AQUADNC merupakan turnamen terbesar di Tanah Air yang mempertandingkan anak-anak berusia 10-12 tahun. Final nasional sengaja digelar untuk mencari satu wakil di final dunia DNC yang berlangsung di New York, Amerika pada September mendatang.

Video: Hadapi Espanyol, Egi Maulana Mengaku Grogi



(ASM)

Daftar Klub yang Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2017 -- 2018
Liga Champions 2017 -- 2018

Daftar Klub yang Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2017 -- 2018

2 hours Ago

Matchday kelima Grup A - H Liga Champions 2017 - -2018 sudah selesai dihelat. Beberapa tim sud…

BERITA LAINNYA
Video /