Mendikbud Ingin Bangun Banyak Sekolah Berbasis Sepak Bola

Daviq Umar Al Faruq    •    12 Mei 2018 16:24 WIB
sepak bola
Mendikbud Ingin Bangun Banyak Sekolah Berbasis Sepak Bola
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy saat berkunjung ke Malang, Sabtu 12 Mei 2018. (Medcom.id/Daviq Umar)

Malang: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy mengaku ingin memperbanyak sekolah yang berbasis olahraga, terutama sepak bola di Indonesia. Upaya itu tak lain dilakukan untuk menyiapkan pesepakbola profesional sejak dini.

"Sehingga kita tidak terus tertinggal dengan negara-negara yang lain. Masak dengan jumlah penduduknya 260 juta kok kalah terus pertandingan sepak bolanya," katanya saat berkunjung ke Malang, Sabtu 12 Mei 2018.

Salah satu contoh sekolah berbasis olahraga sepak bola adalah SMP Aji Santoso International Football Academy (ASIFA) di Kota Malang. Muhadjir menilai SMP ASIFA dapat menjadi proyek percontohan di tingkat nasional.

Klik: Persipura Optimis Kalahkan Persib di Bandung


"Kita ingin menyiapkan pemain-pemain sepakbola profesional dengan memulai pembibitan sejak dini. Karena itu kita bekerjasama dengan PSSI dan KONI untuk talent scouting," jelasnya.

Setelah melacak bibit-bibit unggul pesepakbola di Indonesia, nantinya mereka bakal dibina secara berkala. Tujuannya agar mereka kelak dapat menjadi pemain-pemain profesional.

"Kalau sudah jadi pemain profesional mereka tidak usah diajari macem-macem lagi, pokoknya main sepakbola udah. Kesejahteraannya sudah bagus dan gajinya lebih tinggi dari menteri," bebernya.

Untuk menghasilkan lulusan yang baik, Muhadjir pun mengaku bakal menyiapkan tenaga pengajar profesional dari PSSI dan KONI. Tenaga pengajar tersebut juga harus memiliki sertifikat kepelatihan.

"Selain itu, tentu saja sarana prasarana terutama laboratorium dan tempat berlatih harus berstandar tinggi agar betul-betul bisa melahirkan pesepakbola-pesepakbola profesional masa depan," pungkasnya.

 


(REN)


Video /