SUGBK Jadi Stadion Terbaik di Dunia Saat Ini

Rendy Renuki H    •    10 Januari 2018 13:02 WIB
liga indonesia
SUGBK Jadi Stadion Terbaik di Dunia Saat Ini
Pengujian lampu salah satu sudut Stadion Utama Gelora Bung Karno (MI/Ramdani)

Jakarta: Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat ini tampaknya menjadi stadion terbaik di dunia, dari segi penerangan. Usai mengalami renovasi sejak Juni 2016 lalu, SUGBK kini tercatat menjadi stadion dengan penerangan terbaik, yakni 3.500 lux.

Penerangan itu membuat SUGBK yang ditopang penerangan menggunakan lampu LED mampu mengalahkan Stadion Wembley. Pasalnya, stadion milik Timnas Inggris tersebut saat ini tercatat hanya memiliki penerangan 3.000 lux saja.

Hal itu diamini Sekretaris Kementarian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto. Ia menyebut pencahayaan SUGBK berpeluang hanya akan dikalahkan Jepang, jika mereka melakukan renovasi stadion untuk persiapan Olimpiade 2020.


Baca: Teco Kecewa Kepemimpinan Wasit Persija Kontra Klub Malaysia


"Iya, salah satu yang terbaik di dunia. Kecuali nanti Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 baru kami kalah. Besaran (cahaya) lampunya hampir lebih dari 3.000 lux," kata Gatot, Selasa (9/1/2018) malam.

Pihak pengelola SUGBK pun masih terus melakukan uji coba penerangan. Hal itu dilakukan sebagai rangkaian persiapan Asian Games 2018 untuk memastikan tak ada lampu yang mati.

"Saat ini sedang ada pengujian lampu untuk dinyalakan malam hari agar bisa melihat yang mati. Tapi nantinya tidak dinyalakan setiap malam, hanya pertandingan malam saja," sambungnya.

Sayang, usai renovasi, SUGBK tak lagi menjadi salah satu dari 10 stadion berkapasitas besar di dunia karena kini hanya menampung sekitar 76.000 kursi. Sebelum memakai bangku single seat, SUGBK menjadi stadion terbesar kedelapan di dunia dengan kapasitas 88.082 kursi.

 


(REN)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

22 hours Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /