Jelang Piala Indonesia

Tim Liga 1 Main dari Babak Awal di Piala Indonesia

Krisna Octavianus    •    13 April 2018 11:24 WIB
Piala Indonesia
Tim Liga 1 Main dari Babak Awal di Piala Indonesia
Joko Driyono. (Foto: Antara)

Jakarta: PSSI memastikan akan memutar turnamen Piala Indonesia tahun ini. Yang menarik, tim-tim Liga 1 akan bermain dari babak awal. Itu berarti berpotensi akan bertemu tim Liga 3.

Piala Indonesia terakhir kali diselenggarakan pada 2015 dengan Persibo Bojonegoro menjadi juara. Peserta yang akan ikut Piala Indonesia sebanyak 128 klub.

Tidak seperti Coppa Italia atau Piala FA, di mana tim dari divisi teratas tidak bermain sejak awal babak, Piala Indonesia menyajikan sensasi tersendiri. Tim-tim Liga 1 tidak memiliki keuntungan itu, semua akan berlaga dari babak awal.

Baca: Hasil Lengkap Liga Europa Dini Hari Tadi


"Tim Liga 1 akan bermain dari babak awal. Konsep ini penting kalau dari sisi struktur, FIFA punya Piala Dunia, AFC punya Piala Asia, kita punya Piala Indonesia. Jadi, ini sebuah legacy yang harus kita maintenance, kita rawat yang pertemukan "seluruh" strata kompetisi, meski belum seluruh anggota PSSI," ujar Joko Driyono, Plt Ketum PSSI.

"Kehadiran klub-klub Liga 1 pada babak awal dengan format yang didesain sedemikian rupa mempertemukan Liga 1 akan bertemu tim Liga 3. Misal Persibo, Deltras atau tim Liga 3 akan menjamu tim liga 1 tentu akan menjadi berkah, bukan hanya pelaku sepak bola, tapi dari sisi industri dan bisnis di sekitar stadion dan akan menjadi sensasi sendiri dan ini warna baru di Piala Indonesia," lanjutnya.

Baca: Fakta Menarik usai Arsenal Tahan Imbang CSKA


Salah satu peraturan yang juga membuat menarik adalah, tim dengan divisi terendah akan menjadi tuan rumah jika bertemu tim divisi yang lebih tinggi. Akan tetapi, Joko Driyono mengatakan stadion itu harus memenuhi syarat.

"Nanti main di lower division (sebagai tuan rumah). Jadi, main di kandang tim Liga 3, tapi dengan catatan stadion harus memenuhi syarat," pungkas pria yang akrab disapa Jokdri ini.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: PS Tira Diperkirakan Tanpa Pemain Asing saat Jamu Persebaya


(ASM)


Berburu Buah Tangan nan Murah Khas Rusia

Berburu Buah Tangan nan Murah Khas Rusia

1 day Ago

Rusia memilki buah tangan yang unik serta menarik untuk menjadi oleh-oleh. Cokelat dan parfum m…

BERITA LAINNYA
Video /