Liga 1 Indonesia 2017

Kinerja Wasit di Putaran Kedua Liga 1 akan Diawasi Ketat

Rendy Renuki H    •    05 Agustus 2017 23:29 WIB
liga 1 indonesia 2017
Kinerja Wasit di Putaran Kedua Liga 1 akan Diawasi Ketat
Para pengurus PT Liga Indonesia Baru pada rapat evaluasi putaran pertama Liga 1 Indonesia, Kamis (3/8) lalu (MTVN/Rendy Renuki H)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kinerja wasit di putaran kedua Liga 1 Indonesia akan diawasi ketat. Hal itu dingkapkan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Berlinton Siahaan usai menggelar rapat evaluasi paruh pertama Liga 1, Kamis 3 Agustus lalu.

Ia menyebut jika PT LIB meminda federasi (PSSI) menyediakan referee essessors (penilai wasit) di paruh kedua Liga 1. Berlinton menyadari kinerja wasit lokal masih sering mendapat kritikan dan kurang memuaskan.

"Kami bekerja sama dengan mantan direktur wasit FIFA untuk konsultasi agar wasit kita kinerjanya lebih baik. Paruh kedua ini kita meminta PSSI menyediakan referee essessors untuk menilai kinerja wasit lokal," ujar Berlinton.

(Baca: Operator Ultimatum Persib & Mitra Kukar Cari Pelatih Baru)


Cief Operating Officer PT LIB, Tigor Shalom Boboy, menambahkan jika penilai wasit itu untuk meredam tipikal wasit lokal yang mudah mengeluarkan kartu. Meski ia pun menyadari jika hal itu karena memang tipikal wasit atau pemain di kompetisi Liga 1 sering melakukan pelanggaran.

Yang jelas, Tigor terkejut dengan total jumlah kartu yang telah keluar selama putaran pertama Liga 1. Menurutnya, tercatat wasit telah mengeluarkan 678 kartu kuning dan 34 kartu merah di putaran pertama Liga 1.

"678 kartu kuning, itu berarti ada sekitar tiga hingga empat kartu kuning per pertandingan. Ini warning, evaluasi harus dilakukan, termasuk di Komisi Disiplin PSSI, harus menjadi evaluasi di putaran kedua," tutur Tigor.

"Semua laga putaran kedua akan ada referee essessors, idealnya semua pertandingan harus ada referee essessors. Metode penilaian mereka beda-beda, tidak harus ke lapangan. Ada yangg nonton langsung atau rekaman.

Video: PSG Resmi Perkenalkan Neymar
 


(REN)

Mourinho Kagumi Bek Benfica
Liga Champions 2017--2018

Mourinho Kagumi Bek Benfica

1 hour Ago

Kesetiaan Luisao membuat pelatih Manchester United Jose Mourinho kagum. Ia memuji penampilan be…

BERITA LAINNYA
Video /