PSM Makassar

Gagal Juara, Syamsul Chaeruddin Pamit dari PSM Makassar

Andi Aan Pranata    •    13 November 2017 10:40 WIB
psm makassarliga 1 indonesia 2017
Gagal Juara, Syamsul Chaeruddin Pamit dari PSM Makassar
Syamsul Chaeruddin (kiri). (Foto: Antara/Yusran Uccang)

Makassar: Gelandang veteran PSM Makassar Syamsul Chaeruddin pamit meninggalkan klub usai gelaran Liga 1 musim 2017. Pertandingan melawan Madura United di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Minggu malam 12 November 2017 jadi kesempatan terakhirnya berkostum tim Juku Eja.

Melawan Madura United, Syamsul masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-62. Pemain 34 tahun itu jadi salah satu inspirator dalam kemenangan tim dengan skor telak 6-1, yang sekaligus mengantar PSM finis di peringkat tiga klasemen akhir.

Pada konferensi pers usai pertandingan, Syamsul memutuskan tak akan lagi membela PSM Makassar pada musim depan. Kontraknya berakhir bulan Januari mendatang, sedangkan dia belum punya rencana masa depan. Sembari tersedu, dia mengungkapkan alasan mengapa tak lagi berminat melanjutkan karir di klub yang membesarkan namanya.

Baca: Hasil Lengkap Pekan 34 dan Klasemen Akhir Liga 1


"Sudah hampir 15 tahun saya bersama PSM Makassar. Tapi saya gagal memberikan juara. Saya pamit, banyak pemain muda yang harus diberi kesempatan berkontribusi," ujar Syamsul dengan mata berkaca-kaca.

Syamsul Haeruddin menimba ilmu sepak bola di klub Makassar Football Club (MFS), sebelum bergabung dengan PSM Junior pada tahun 1999. Pemain kelahiran Gowa itu memulai debut dengan skuat senior PSM pada 2000 dan berada di klub yang sama selama sepuluh tahun. Tak jarang dia didaulat sebagai kapten kesebelasan.

Sepuluh tahun kemudian Syamsul hijrah ke Persija Jakarta, kemudian berlabuh di Sriwijaya FC satu tahun berselang. Namun kecintaannya dengan kota kelahiran membawanya pulang ke PSM Makassar pada 2012. Di kesempatan keduanya bersama Pasukan Ramang, dia tetap jadi andalan di lini tengah.

Syamsul mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantunya selama berkarier di PSM. Terutama kalangan pendukung setia klub yang tidak lelah menyemangati. Dia pun mengungkapkan penyesalan, karena tidak mampu membalas lewat trofi juara.

Baca: PSM Makassar Bantai Madura United


PSM berkesempatan juara di Liga 1 musim ini. Tapi pada akhir musim mereka harus mengakui keunggulan Bhayangkara FC sebagai peraih trofi. Syamsul cs pun harus puas di peringkat tiga, di bawah runner up Bali United.

"Mudah-mudahan PSM bisa juara di musim depan dan jadi klub terbaik di Indonesia," ujar Syamsul.

Lantas, kemana tujuan Syamsul selanjutnya? Mantan pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2004 itu enggan mengungkapkan. Dia menghargai kontraknya bersama PSM yang tersisa dua bulan.

"Saat ini saya hanya ingin menghabiskan waktu bersama keluarga," kata Syamsul.

Video: Evan Dimas Tinggalkan Bhayangkara FC


(ASM)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /