Kongres PSSI 2018

Alasan PSSI Mengubah Statuta di Kongres Tahunan

A. Firdaus    •    13 Januari 2018 21:56 WIB
kongres pssi
Alasan PSSI Mengubah Statuta di Kongres Tahunan
Sekjen PSSI, Ratu Tisha. (Foto: Medcom.id/A .Firdaus)

Tangerang: Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menggelar Kongres Tahunan di Indonesia Convention Exthibition, Tangerang Sabtu 13 Januari 2018. Menariknya, pada acara kali ini terselip agenda berstatus Kongres Luar Biasa (KLB).

Dalam KLB kali ini substansinya adalah mengubah statuta PSSI. Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria menjelaskan alasan PSSI melakukan amandemen tersebut.

"Kongres ini ada agenda Kongres Luar Biasa. Substansinya adalah mengubah statuta PSSI. Mengapa harus diubah? Statuta terakhir kita masih edisi 2014. Untuk itu kami harus mengubahnya mulai dari amandemen tata cara yang konstektual terhadap kondisi 2018, sampai perubahan jumlah voters," ucap Ratu Tisha.

"Seperti diketahui statuta 2014 tentang  starata kompetisinya adalah ISL, Divisi Utama, divisi satu, dan Liga Nusantara (peleburan dari divisi dua dan tiga). Sedangkan saat ini sudah berjalan strata Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Maka dari itu perlu diamandemen statuta," terangnya.

Baca: Lima Perubahan Statuta dalam KLB PSSI


Lebih lanjut Ratu menjelaskan perubahan lainnya. Salah satunya adalah perubahan jumlah komite eksekutif. Tujuan pemangkasan ini agar PSSI lebih taktis.

"Tadinya ada 17 anggota komite. Kini PSSI memangkasnya menjadi 12 anggota, dilebur menjadi satu agar berjalan lebih cepat," terangnya.

Selain itu mengenai hirarki organisasi. Selama ini tidak ada dimensi sama sekali, Asosiasi Kabupaten, Asosiasi Kota atau apapun yang terkait dengan hirarki di dalam statuta yang lama.

"Kita menyadari dinamika organisasi menyentuh sampai tingkat Kabupaten dan Kota. Untuk itu harus ada hirarki yang diakui, PSSI pusat, Asprov, Askab, dan Askot," lanjut Ratu.

Selain menggelar KLB, PSSI juga mengadakan Kongres Biasa. Pada Kongres ini beragendakan laporan kerja dan anggaran yang digunakan selama 2017 dan agenda PSSI untuk 2018.

Tak ingin ketinggalan berita bola? Follow instagram kami @medcom_bola

Video: Preview Timnas Indonesia vs Islandia


(ASM)

Video /