Filosofi Sepak Bola Indonesia

Alasan PSSI Pilih Formasi 4-3-3 Sebagai Dasar Filosofi Sepak Bola Indonesia

Patrick Pinaria    •    10 November 2017 17:31 WIB
pssitimnas indonesia
Alasan PSSI Pilih Formasi 4-3-3 Sebagai Dasar Filosofi Sepak Bola Indonesia
Danurwindo saat meluncurkan buku kurikulum sepak bola Indonesia di kantor PSSI (Foto: Patrick Pinaria)

Metrotvnews.com, Jakarta: PSSI resmi meluncurkan buku kurikulum pembinaan untuk sepak bola Indonesia pada Kamis 9 November. Itu dilakukan agar filosofi sepak bola Tanah Air terbentuk dengan jelas. Salah satu filosofi yang dituangkan PSSI dalam buku tersebut adalah pengunaan formasi menyerang 4-3-3 sejak pembinaan usia muda.

Direktur Teknik dan High Performance Unit PSSI, Danurwindo menjelaskan formasi 4-3-3 merupakan strategi yang memudahkan para pemain menguasai bola dan membangun serangan ke depan lantaran jumlah pemainnya merata di setiap lini. 

Dasar filosofi ini yang harus ditanamkan kepada para pemain muda, meski nantinya pada level tim senior, mereka akan bermain dengan beragam strategi.
 

Baca: Peranan Milla dalam Pembuatan Kurikulum Sepak Bola Indonesia


"Formasi ini untuk pembinaan usia muda. Sebetulnya banyak variabel untuk penggunaan formasi. Tetapi, formasi 4-3-3 ini yang kami anggap paling sederhana dan kekuatannya juga merata di setiap lini, di mana lini depan dan tengah diisi tiga pemain dan belakang ada empat pemain," ujar Danurwindo.

"Alasan kedua, cara bermain filosofi sepak bola yaitu membangun dalam menguasai bola. Pada formasi 4-3-3, banyak membentuk segitiga dan formasi berlian. Ini menjadi dasar untuk kita bermain penguasaan bola sehingga melancarkan operan-operan di seluruh area, baik ke kanan, ke kiri, dan ke depan. Riset ini sudah kami lakukan selama setahun terakhir dengan memantau liga-liga usia muda," tambahnya.
 

Baca juga: Buku Kurikulum Pembinaan Sepak Bola Indonesia Diluncurkan


Namun, Danurwindo sadar penerapan formasi 4-3-3 ini tentu tidak akan selalu berlaku di level senior. Sebab, pada level senior, akan selalu mengutamakan strategi lawan. Tetapi, ia mengatakan setidaknya para pemain muda Indonesia harus ditanamkan untuk memainkan gaya membangun serangan dengan mendominasi penguasaan bola.

"Kalau sekarang fokus kita adalah memberi pelajaran kepada pemain sepak bola usia muda dengan menerapkan posisi 4-3-3. Sesuai dengan filosofi sepak bola, yaitu berorientasi pada posisi," tutupnya.

Video: ?PSSI Luncurkan Buku Kurikulum Pembinaan Sepak Bola
 


(ACF)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /