Piala AFF 2016: Grup A

Thailand Tidak akan "Main Mata" dengan Filipina

Achmad Firdaus    •    24 November 2016 22:17 WIB
piala aff
Thailand Tidak akan
Pelatih Timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang (Foto: Google Image)

Metrotvnews.com, Bulacan: Timnas Thailand tidak lagi memiliki target saat menghadapi tuan rumah Filipina pada partai pamungkas Grup A Piala AFF 2016, Jumat 25 November 2016. Tim arahan Kiatuk Senamuang sudah dipastikan lolos sebagai juara grup.

Dua kemenangan yang diraih Thailand atas Indonesia (4-2) dan Singapura (1-0) sudah menggaransi langkah Teerasil Dangda dan kawan-kawan menuju babak empat besar.

Untuk itu, pada laga kontra Filipina nanti, skuat War Elephants diprediksi tidak akan bermain serius. Bahkan ada kekhawatiran bahwa Thailand bakal sengaja mengalah untuk memberikan satu tiket semifinal lainnya kepada Filipina. Sebab, kekalahan dari Filipina tidak akan mempengaruhi posisi Thailand sebagai juara Grup A. 

Terkait hal ini, Kiatisuk Senamuang langsung memberikan bantahan. Pelatih yang dijuluki Zico ini hanya memastikan, ia tidak akan "main mata" dengan Filipina.

"Meski kami sudah dipastikan lolos ke babak selanjutnya, pertandingan ini (melawan Filipina) tetap penting," ujar legenda hidup Timnas Thailand yang dua tahun lalu sukses membawa Thailand juara Piala AFF 2014.

"Kami ingin mendapatkan poin maksimal (9 poin) dari tiga pertandingan. Jadi, kami akan bermain untuk mencari kemenangan, sama seperti yang kami lakukan pada dua laga sebelumnya. Selain itu, ada ranking poin FIFA yang bisa kami dapat di turnamen ini. Jadi, kami masih akan melakukan yang terbaik," lanjutnya.
 

Baca: Sudah 44 Tahun Filipina Gagal Kalahkan Thailand


Kiatisuk tidak memungkiri bahwa ia akan melakukan beberapa perubahan dalam susunan pemainnya untuk laga nanti. Beberapa pemain intinya kemungkinan bakal diistirahatkan. Namun, ia menolak jika disebut tidak serius menyambut laga kontra Filipina.

"Kami akan mengganti beberapa pemain, tapi dari 23 skuat yang kami miliki, mereka semua adalah pemain yang hebat dan memiliki kualitas yang sama," tegasnya.

"Jika Anda ingin bergabung dengan kami di babak berikutnya, Anda harus mengalahkan kami," ujar Kiatisuk sambil melempar senyum pada Thomas Dooley. "Hal sama juga berlaku untuk Indonesia dan Singapura, mereka harus meraih kemenangan untuk menjaga peluang lolos," tandasnya. 

Perebutan satu tiket terakhir dari Grup A memang cukup sengit. Sebab, tak hanya Filipina, tapi dua tim lainnya, Singapura dan Indonesia juga masih memiliki peluang untuk mendapatkannya.

Filipina yang saat ini menempati posisi dua dengan koleksi dua poin, membutuhkan kemenangan untuk mengamankan tiket lolos. Namun, hasil imbang juga bisa mengantar The Azkals ke semifinal keempatnya secara beruntun, andai di pertandingan lain Singapura vs Indonesia juga berakhir tanpa pemenang.
 

Baca juga: Riedl Siapkan Strategi Antisipasi Permainan Bertahan Singapura


Adapun, Singapura dan Indonesia yang sama-sama mengoleksi satu poin, harus saling bunuh untuk menjaga peluang lolos. Namun, meraih kemenangan saja belum cukup. Mereka masih harus berharap Filipina gagal meraih kemenangan atas Thailand.

Jika Filipina sukses menaklukkan Thailand --tim yang belum pernah mereka kalahkan sejak 1972-- maka Indonesia dan Singapura dipastikan tersingkir, apapun hasil pertandingan di antara mereka.

Laga pamungkas Grup A akan digelar secara serentak pada Jumat 25 November 2016, mulai pukul 19:00 WIB. Laga Filipina vs Thailand akan dimainkan di Philippine Sports Stadium, sedangkan laga Singapura vs Indonesia digelar di Rizal Memorial Stadium, Manila.

Video: Stefano Lilipaly: Saya Bisa Bermain Meski Cedera



(ACF)

Video /