Timnas Indonesia U-22

Indra Sjafri Ingin Move On Lupakan Timnas U-19

Kautsar Halim    •    05 Januari 2019 06:37 WIB
bolatimnas indonesia
Indra Sjafri Ingin <i>Move On</i> Lupakan Timnas U-19
Coach Indra Sjafri-Medcom.id/Kautsar Halim

Program latihan Timnas U-22 tentu berbeda dengan Timnas U-19. Menurut Indra Sjafri, Timnas U-22 tergolong semi-senior dan agendanya pada 2019 cukup padat.

Jakarta: Indra Sjafri memaparkan targetnya ketika dipercaya melatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 kini. Dia mengklaim, langkah pertama yang paling penting adalah melupakan pengalamannya melatih Timnas Indonesia U-19.

"Pertama, saya harus move on dari Timnas U-19 ke U-22. Kedua, membuat program untuk mengantarkan Timnas U-22 meraih prestasi. Langkah awalnya dengan memilih pemain yang tepat," kata Indra dalam jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Dijelaskan Indra lebih lanjut, program latihan Timnas U-22 tentu berbeda dengan Timnas U-19. Sebab, Timnas U-22 tergolong semi-senior dan agendanya pada 2019 cukup padat. 

Baca juga: Indra Sjafri Panggil 38 Pemain Ikut Pelatnas Timnas U-22

Terdapat tiga fokus utama Timnas U-22 sepanjang 2019. Mereka ditargetkan berjaya di Piala AFF (17 Februari - 2 Maret), Kualifikasi Piala Asia U-23 (22 - 26 Maret) dan SEA Games 2019 Filipina (30 November - 11 Desember).

Merespons Piala AFF yang kurang dua bulan lagi, Indra mengaku punya strategi khusus. Menurutnya tidak perlu mencari pemain terlalu lama, karena sebagian skuatnya sudah terbentuk di Timnas U-19. Selain itu, kompetisi domestik juga bisa dijadikan acuan untuk melihat kualitas pemain.

"Sementara ini, saya sudah berkoordinasi dengan Direktur Teknik PSSI untuk meminta data pemain yang berpotensi. Kemudian kami juga akan mengadakan pertemuan dengan pelatih klub terkait untuk memastikan kualitas pemain tersebut," tutup Indra.

Baca juga: Indra Sjafri Penasaran Kualitas Ezra Walian di Timnas

Demi persiapan menuju Piala AFF 2019 yang semakin dekat, Indra memanggil 38 pemain. Rencananya mereka akan memulai pemusatan latihan pada Senin 7 Januari mendatang.

Di antara 38 pemain yang dipanggil, terdapat nama Egy Maulana Vikri dan Ezra Walian, dimana keduanya sedang berkarier di luar negeri.

Video: City Menang, Liverpool Tetap Lebih Baik
 


(RIZ)