PSSI Bantah Timnas Putri U-16 Mundur karena Kurang Dana

Kautsar Halim    •    05 April 2019 16:52 WIB
timnas indonesia
PSSI Bantah Timnas Putri U-16 Mundur karena Kurang Dana
Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana).

Jakarta: Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) membantah kabar yang menyebutkan timnas putri U-16 mundur dari Piala AFF karena kekurangan dana. Menurut mereka, itu dilakukan karena sedang fokus membangun Liga 1 Putri Indonesia.

"Rencananya, liga ini bergulir pada September 2019. Kami memulainya dengan sekurang-kurangnya enam tim peserta yang berasal dari klub Liga 1," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria di situs resmi PSSI.

Informasi mundurnya timnas putri U-16 dari Piala AFF tertuang dalam rilis resmi Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), Jumat 5 April. Namun, beberapa jam setelah muncul bantahan dari PSSI, paragraf yang menyebutkan timnas putri U-16 punya masalah keuangan langsung dihilangkan.
 

Klik: Batal Tampil di AFF, Pelatih Timnas Putri Belum Terima Konfirmasi PSSI


Tisha menjelaskan lebih lanjut, Liga 1 Putri Indonesia 2019 akan diikuti para pemain tanpa batasan usia. Kompetisi itu ditambah dengan turnamen Piala Pertiwi yang dilaksanakan di tingkat provinsi. Nantinya, pada tahun 2020, PSSI juga berharap bisa memutar liga putri untuk usia muda.

Piala AFF U-15 Putri 2019 akan berlangsung di Chonburi, Thailand pada 9-21 Mei mendatang. Dengan mundurnya Indonesia, Grup A hanya mempertemukan empat tim, yakni Myanmar, Vietnam, Filipina dan Timor Leste.  

Sementara itu, di Grup B terdapat tuan rumah Thailand, Laos, Malaysia, Singapura dan Kamboja. Absennya Indonesia di Piala AFF U-15 Putri 2019 menjadi yang pertama sejak turnamen itu terselenggara pada 2009 silam. (ANT)   
 



(KAU)