Kasus Pengaturan Skor

Mundur Jadi Exco, Hidayat Tetap Dihukum Komdis

Rendy Renuki H    •    04 Desember 2018 17:04 WIB
pssiliga 2 indonesia
Mundur Jadi Exco, Hidayat Tetap Dihukum Komdis
Hidayat (kanan) saat memberikan keterangan pers terkait pengunduran dirinya dari anggota Exco PSSI (Foto: Medcom.id/Lino)

Jakarta: Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hidayat, akhirnya memutuskan mundur, Senin 3 Desember, setelah skandal pengaturan skor yang melibatkan dirinya. Namun, ia tetap dihukum Komisi Disiplin PSSI atas upaya pengaturan skor pada laga Madura FC kontra PSS Sleman di babak delapan besar Liga 2.

Komdis PSSI resmi menjatuhi hukuman tiga tahun larangan berkecimpung di sepak bola nasional serta denda Rp150 juta. Menurut Wakil Ketua Komdis PSSI, Umar Husin, hukuman Hidayat mengacu kepada Pasal 65 Kode Disiplin PSSI.

"Hidayat itu pasal 65 Kode Disiplin PSSI. Denda Rp150 juta sama tiga tahun larangan berkecimpung di sepak bola nasional," ujar Umar saat dihubungi Medcom.id, Selasa (4/12/2018).

Baca: 5 Fakta Menarik Ada Hegerberg, Peraih Ballon d'Or Putri Pertama Sepanjang Sejarah

Menurutnya, sanksi itu sudah mulai efektif berlaku sesuai hasil sidang Komdis PSSI. Namun, menurutnya sanksi tersebut berpeluang bertambah berat apabila ke depannya ditemukan kembali bukti pengaturan skor yang dilakukan Hidayat.

"Sanksi itu sudah efektif mulai dikeluarkan, kecuali ada kasus lain yang melibatkan pak Hidayat, kita kan tidak tahu. Tiba-tiba ada muncul klub lain ada melakukan transaksi serupa kan kita tidak tahu," sambungnya.

Kasus pengaturan skor yang dilakukan Hidayat muncul setelah manajer Madura FC, Januar Herwanto melakukan pelaporan. Hidayat pun memutuskan mundur lewat jumpa pers kemarin dan mengakui perbuatannya.


Video: Kalahkan Mitra Kukar, Pemain Sriwijaya FC Diguyur Bonus

 


(PAT)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /