Piala AFF U-15 2017

Analisis Fakhri Husaini Usai Kekalahan Timnas U-16 atas Australia

Achmad Firdaus    •    13 Juli 2017 23:34 WIB
piala aff u-15
Analisis Fakhri Husaini Usai Kekalahan Timnas U-16 atas Australia
Skuat Timnas Indonesia U-16 jelang laga kontra Australia di Piala AFF U-15 (Foto: Dok. PSSI)

Metrotvnews.com, Chonburi: Timnas Indonesia U-16 harus mengubur mimpi lolos ke babak semifinal Piala AFF U-15. Skuat Garuda Asia dipastikan tersingkir usai kalah 3-7 dari Australia pada laga ketiga penyisihan Grup A, Kamis 13 Juli 2017.

Indonesia sejatinya membuka laga di IPE Chonburi Campus Stadium dengan cukup baik. Hanya dalam tempo empat menit, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri sukses dua kali membobol gawang Australia.

Sayangnya, skuat Garuda Asia tidak mampu mempertahankan keunggulan 2-0 tersebut. Australia berhasil bangkit dan membalas tujuh gol ke gawang Indonesia di sisa laga.

Gol-gol Australia dicetak Trent Ostler (9'), Noah Vinko Botic (11' & 30'), Lachlan James Sepping (14'), Birkam Kirdar (40'), Ryan Teague (54') dan Stephan De Robillard di menit ke-64. Sementara itu, Indonesia hanya mampu menambah satu gol lewat Bagus Kahfi (62') yang mencetak hattrick di laga itu.
 

Baca: Ditaklukkan Australia, Timnas U-16 Tersingkir dari Piala AFF


Menyikapi hasil ini, pelatih Timnas U-16 Fakhri Husaini mengakui bahwa anak-anak asuhnya tidak bermain secara maksimal, khususnya sektor tengah dan belakang.

"Taktik kita untuk mencuri poin dan gol diawal pertandingan cukup berhasil, tapi tidak diimbangi dengan kekompakan sehingga tim kami mengalami kesulitan dalam bertahan," ujar Fakhri dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com.

"Pemain tengah kami tidak berjalan dengan baik, pemain belakang juga saya kira kurang maksimal. Baiknya kinerja lini depan tidak diimbangi dengan pemain belakang kami," lanjutnya.
 

Baca juga: Fakhri Husaini Soroti Permainan Sayap Australia


Dengan kekalahan ini, peluang Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya praktis sudah tertutup lantaran baru mengoleksi satu poin dan menempati peringkat lima. Indonesia tidak mungkin bisa mengejar target finis di dua posisi teratas meski sukses menyapu bersih dua laga tersisa dengan kemenangan.

Adapun, satu tiket lolos dari Grup A sudah digenggam Thailand yang sukses menekuk Laos 2-1. Tim tuan rumah mantap di puncak klasemen dengan 9 poin dari tiga laga. Sementara itu, satu tiket lain akan diperebutkan Myanmar (7), Australia (6) dan Laos yang mengoleksi tiga poin.

Meski sudah tersingkir, Indonesia masih akan melakoni dua pertandingan tersisa, yakni melawan Laos (15/7) dan Singapura dua hari berselang.

Video: ?Ronaldo dan Ramos Absen dari Tur Real Madrid di AS
 


(ACF)

Digoda Barcelona, Klopp Tegaskan Coutinho Tidak Dijual
Liverpool 2017--2018

Digoda Barcelona, Klopp Tegaskan Coutinho Tidak Dijual

5 hours Ago

Manajer Liverpool, Juergen Klopp yang bersikeras Philippe Coutinho tidak akan dijual. Itu dia k…

BERITA LAINNYA
Video /