Barito Putera

Tak Perlu Trial, Barito Manfaatkan Teknologi untuk Seleksi Pemain

Gregah Nurikhsani Estuning    •    05 Desember 2017 23:44 WIB
bolaliga indonesia
Tak Perlu <i>Trial</i>, Barito Manfaatkan Teknologi untuk Seleksi Pemain
Jacksen F Thiago-MI/Rommy Pujianto

Banjarmasin: Pelatih Barito Putera Jacksen F Thiago akan memanfaatkan teknologi video dan website analisis data pemain dalam melakukan seleksi, sebagai persiapan timnya menyambut Liga 1 Indonesia 2018. 

Mantan juru taktik Persipura Jayapura itu membawa Barito Putera mengakhiri Liga 1 musim 2017 di posisi ke-7. Bukan performa terbilang apik mengingat tim asal Banjarmasin itu memiliki sejumlah pemain berkualitas, seperti Rizky Pora, Hansamu Yama, Gavin Kwan, sampai Paulo Sitanggang.

Pembenahan langsung dilakukan manajemen tim sejak dini, untuk memperbaiki kinerja di musim depan. Salah satu yang sedang dibenahi Jacksen adalah pematangan skuat.

Baca juga: Pesan Indra Sjafri untuk Pemain yang Berkarier di Luar Negeri

"Pemain asing kita posisinya penyerang dan bek. Ada dua pemain dari Brasil. Langsung kontrak, tidak perlu trial," ujar Jacksen menginformasikan manuver transfernya untuk musim depan.

Mendengar ucapannya, tentu menarik menggali alasan kenapa pria asal Brasil itu tidak melakukan trial atau uji coba dahulu. Jacksen mengaku tidak ingin membuang waktu. Dalam proses seleksinya, ia akan memanfaatkan teknologi video dan website analisis data.

"Era teknologi kalau mau seleksi, kita buang waktu persiapan. Kalau saya pelatih, dengan begitu banyak alat membantu saya memilih pemain. Ada website analisis, video," paparnya yakin.

Baca juga: Direktur Persija Komentari Kepergian Ryuji Utomo ke Thailand

"Kalau saya tanggung jawab, sehingga saya tidak membuang waktu untuk menyeleksi satu orang saja. Cukup beli pemain yang saya rasa tepat. Dari aspek kemampuan, kita tahu statistiknya," jelas Jacksen lagi.

Barito Putera sendiri telah mendapatkan winger Perseru Serui, Mariando Uropmabin. Mariando merupakan pilar penting Perseru di musim lalu, dengan catatan lima gol dan satu assist.

Video: Sriwijaya FC Pastikan Kontrak 5 Pemain Baru
 


(RIZ)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

12 hours Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /