Jelang Kongres Tahunan PSSI

Kemenpora Bersikeras Kongres PSSI Digelar di Yogyakarta

A. Firdaus    •    11 Oktober 2016 13:47 WIB
kongres pssi
Kemenpora Bersikeras Kongres PSSI Digelar di Yogyakarta
Suasana preskon Peparnas 2016. (Foto: Mtvn/ A. Firdaus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kongres PSSI tinggal menghitung hari. Namun polemik mengenai tempat berlangsungnya Kongres masih terus diperdebatkan. Sejauh ini PSSI tetap fokus untuk menggelar Kongres tersebut di Makassar pada 17 Oktober 2016. Bahkan segala persiapan telah mereka lakukan demi kelancaran acara tersebut. Termasuk menyampaikan surat permohonan izin dari pihak Kemenpora. 

"Hampir setiap minggu kami berkomunikasi dengan Sekjen PSSI, Azwan Karim. Intinya hanya memastikan saja. Azwan bilang kongres tetap di Makassar bahkan sejumlah persiapan juga sudah dilakukan," ujar Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Gatot Dewa S Broto saat konferensi pers PEPARNAS 2016 di Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Kemenpora pun telah merespons surat tersebut dan merekomendasikan kepada PSSI untuk menjadikan Yogyakarta sebagai tempat berlangsungnya Kongres. Meski bersikeras hanya memberi izin PSSI untuk menggelarnya di Yogyakarta, Kemenpora tetap memahami keinginan dari otoritas tertinggi sepak bola Tanah Air untuk mengadakannya di Makassar. 

Baca: Belum Ada Solusi soal Lokasi Kongres PSSI 


"Semoga ada solusi untuk masalah tempat ini. Kami juga memahami kalau PSSI telah melakukan persiapan. Dari sisi lain ada permintaan kalau waktu itu surat dari PSSI ke Kemenpora agar mengesahkan rekomendasi tempat, tapi dari Kemenpora menginginkan untuk tetap di Yogyakarta," terang Gatot. 

Menariknya, Kongres terancam tak bisa berjalan karena PSSI harus mendapatkan izin dari pihak Kepolisian. Tapi semua izin tersebut juga berdasarkan persetujuan dari pihak Pemerintah, dalam hal ini Kemenpora. 

Baca: Kapolri Beri Izin Penyelenggaraan Kongres PSSI di Yogyakarta


"Dalam beberapa bulan terakhir ini, komunikasi dengan PSSI berjalan bagus. Kami sudah menerima surat rekomendasi dari PSSI ke kemenpora pada 16 agustus di mana PSSI meminta rekomendasi dari Kemenpora untuk menggelar Kongres di Makassar. Kemudian surat tersebut sudah direspons oleh Menpora pada 9 September lalu," lanjut Gatot. 

Seperti diketahui, Kongres PSSI akan berlangsung pada 17 Oktober 2016. Agenda Kongres PSSI sendiri adalah memilih calon Ketua Umum PSSI, Wakil Ketua Umum, dan Exco. Rencananya Kongres ini akan dihadiri sebanyak 107 voters atau pemilik suara Kongres PSSI. Mereka berasal dari perwakilan Asosiasi Provinsi, Klub Liga Super, Klub Divisi Utama, dan Klub Liga Nusantara.

Video: Mabes Polri Keluarkan Surat Izin Kongres PSSI di Yogyakarta



(ASM)

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

Dukungan Persib untuk Skuat Garuda

26 minutes Ago

Dukungan untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan Thailand di partai puncak Piala AFF 2…

BERITA LAINNYA
Video /